Close

Prediksi Formasi Ideal Timnas di Piala AFF U-23 2022

REBUT BOLA--Alfeandra Dewangga, bek tengah berusia 20 tahun ini, berebut bola dengan pemain Timnas Singapura di Piala AFF 2020.

JAKARTA, METRO–Timnas Indonesia ba­kal menjalani misi berat di Piala AFF U-23 2022. Perjuangan skuad asuhan Shin Tae-yong tak akan mudah dalam upaya mempertahankan gelar. Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022. Pasukan Garuda Muda bakal bersaing dengan Malaysia, Laos, dan Myanmar pada turnamen yang digelar di Kamboja, 14-26 Februari 2022.

Pelatih Shin Tae-yong memang tak akan menggunakan pemain yang ber­karier di luar negeri. Artinya, Timnas Indonesia tak bisa menggunakan jasa Asnawi Mangkualam, Wi­tan Sulaeman, Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri, yang dari segi usia masih bisa dipakai.

Dengan demikian, Shin Tae-yong akan memainkan pemain yang sepenuhnya berkarier di liga domestic Indonesia. Skuad Timnas U-23 disebut tak berbeda jauh dengan tim senior yang baru bermain di Piala AFF 2020.

Bola.com merancang formasi ideal Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022. Komposisi pemain yang ada merupakan turunan skuad senior di Piala AFF 2020 plus tambahan beberapa nama.

Lantas, bakal seperti apa formasi Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022? Berikut formasi ideal Timnas U-23 dengan skema 4-3-3 khas Shin Tae-yong.

Ernando Ari kemungkinan besar bakal menjadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia pada Piala AFF U-23 2022. Ernando Ari dikenal sebagai kiper yang punya naluri membaca arah bola yang bagus.

Ernando Ari sudah dipercaya bermain di Timnas Indonesia senior pada Piala AFF 2020. Kemampuan apiknya dalam membaca arah bola bisa jadi keuntu­ngan buat Timnas U-23 da­lam menyelesaikan misi mempertahankan gelar.

Namun, pelatih Shin Tae-yong juga masih bisa mengandalkan nama lain semisal Muhammad Ri­yandi dan Aqil Savik. Ini yang membuat peta persaingan di bawah mistar gawang sangat ketat.

Komposisi pemain di lini tengah akan sangat menarik. Rachmat Irianto bakal diplot sebagai gelandang bertahan. Bicara pe­ngalaman tentu Rachmat Irianto tak perlu diragukan lagi. Adapun Marselino Ferdinan layak dicoba sebagai motor serangan di lini tengah.

Perannya akan terbantu dengan kehadiran Gu­nansar Mandowen. Keduanya bakal berperan memberikan serangan ke lini depan sekaligus menjaga ritme permainan.

Ramai Rumakiek bakal menjadi andalan di sayap kiri Timnas Indonesia. Se­perti diketahui, Ramai memiliki kemampuan yang bagus dalam menusuk lawan di lini pertahanan.

Adapun posisi sayap kanan akan dihuni oleh Ronaldo Kwateh. Selain andal memberikan um­pan-umpan matang, Ro­naldo Kwateh juga bisa diandalkan dalam mencetak gol.

Sementara itu, di posisi ujung tombak akan dihuni oleh Hanis Saghara. Piala AFF U-23 2022 menjadi momentum baginya untuk embuktikan kemampuan mumpuni sebagai pe­nye­rang tengah. (*/boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top