Close

PPS Hati-hati Bekerja Diruang Publik dan Politik

FOTO BERSAMA— Pj.Wali Kota diwakili Asisten III bersama Ketua dan Komisioner KPU, foto bersama dengan PPS se-Kota Payakumbuh usai dilantik, Selasa (24/1).

PAYAKUMBUH, METRO–Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal, pada pelantikan dan bimbingan teknis Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Payakumbuh untuk pemilihan Umum tahun 2024, di aula Hotel Novotel Kota Bukittinggi, meminta untuk berhati-hati berkerja diruang publik dan politik.

“Untuk sampai proses pelantikan PPS hari ini banyak dinamika yang dilewati. Ada ucapan bernada minus maupun plus, baik melalui WA maupun FB. Ada pelajaran yang dapat diambil, ketika kita bekerja di ruang publik dan ruang politik,” sebut Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal, dihadapan 141 anggota PPS se-Kota Payakumbuh, Selasa (24/1).

Dikatakannya, pelajaran Pertama yang dapat diambil selaku orang yang bekerja di ruang publik dan politik berhati-hati dan ting­katkan ketelitian dalam bekerja. Satu angka saja tidak teliti dalam pemuktahiran data pemilih tentu orang yang bersangkutan tidak masuk dalam DPT.

Maka dituntut untuk bekerja sesolid dengan sinergisitas yang tinggi. Ketika sudah bekerja sesuai regulasi tetap ada saja orang yang tidak puas dan mencela pekerjan. “Dan mari meningkatkan kapasitas maupun kapabilitas, bacalah aturan yang ada. Meski berada di tingkat PPS bila ada sengketa bisa saja terseret dalam persoalan hukum,” sebutnya.

Dia juga meminta anggota PPS yang baru saja dilantik untuk terus meningkatkan kualitas diri. Untuk itu dikatakan Haidi Mursal, pelajari aturan dan tunjukkan bahwa suadara layak menduduki jabatan PPS ini, karena dari 400 orang pelamar hanya 141 orang yang terpilih. Selain itu juga harus dibangun komunikasi dengan banyak pihak salah satunya dengan Kelurahan. Karena dalam waktu dekat PPS harus punya sekretariat.

“Selamat bekerja, ada amanah ada tanggungjawab. Buktikan kepada publik kami tidak salah pilih anda sebagai penyelenggara pemilu di tingkat Kelurahan. Tunjukkan kualitas suadara, satu saja tidak selesai penghitungan pada satu TPS kelurahan berdampak pada Kecamatan, dan Kota,” ingat Haidi Mursal.

Hal senada juga disampaikan Pj.Wali Kota Payakumbuh, diwakili Asisten III Drs.Ifon Satria Chan, dimana tinggal 372 hari lagi  perhelatan pemilu di indonesia akan berlangsung, baik Pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Dikatakannya, PPS me­ru­pakan penyelenggara pemilu terdepan dalam menyiapkan agenda pemilu di tingkat kelurahan. Bila PPS melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik, maka pemilu akan berlangsung aman dan damai.

“Dan kami ucapkan apre­siasi atas kerja keras KPU telah membentuk ang­gota PPS. Kami yakin, bapak ibu merupakan orang orang pilihan yang telah lulus uji publik dan layak untuk menjadi penyelenggara ditingkat kelurahan. Pesan kami, agar bapak ibu yang diberi ama­nah jagalah kepercayaan masyarakat dengan menjaga integritas,” sebutnya.

Wali Kota berharap, agar apa yang pernah terjadi dimasa lalu, tidak terulang kembali. Sehingga pemilu 2024 dapat melahirkan calon-calon pemimpin yang benar-benar sesuai harapan masyarakat. “Se­kali lagi selamat bekerja, jaga kesehatan dan semoga menjadi amal ibadah bagi bapak ibu semuanya,” harap Wali Kota.

Salah seorang anggota PPS yang baru dilantik, Medio Agusta, bertekat akan menjalankan amanah sebagai PPS pada pemulu 2024 dengan sebaik-baiknya. “InsyaAlloh, amanah ini akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya,” ucap Medio usai dilantik.

Tampak hadir Pj. Wali Kota Payakumbuh diwakili Asisten III Ifon Satria Chan,­ Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh, Diva Surya Persada, Ketua KPU Payakumbuh, Haidi Mursal, Anggota Komisioner KPU Payakumbuh, Neti Payoka, Ade Jumiarti, Noval Ardi, Nina Trisna, Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Suci Wildanis, Kapolres Payakumbuh. Sekretaris KPU Payakumbuh Beni Mustika, bersama staf, Ketua dan Anggota PPK se-Kota Payakumbuh. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top