Menu

PPKM Level IV Diperpanjang hingga 6 September di Kota Padang, Aturan Dilonggarkan, Acara Baralek Diperbolehkan

  Dibaca : 84 kali
PPKM Level IV Diperpanjang hingga 6 September di Kota Padang, Aturan Dilonggarkan, Acara Baralek Diperbolehkan
WISATA PANTAI PADANG— Kawasan objek wisata Pantai Padang ditutup total saat awal-awal pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang. Namun, sejak beberapa pekan terakhir, meski Kota Padang masih berada di PPKM Level IV, kawasan Pantai Padang sudah kembali dibuka untuk wisatawan.

AIA PACAH, METRO–Pemerintah pusat mengu­mum­kan secara resmi pem­berlakuan pembatasan ke­giatan masyarakat (PPKM) diper­panjang hingga 30 Agus­tus. Keputusan ini berlaku di da­erah yang menerapkan PPKM level 2 sampai 4, termasuk Kota Padang.

“Pemerintah memutuskan mulai tanggal 24-30 Agustus 2021 beberapa daerah diturun­kan dari level 4 ke 3. Untuk Pulau Jawa, Bali, dan aglo­merasi Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya su­dah berada di level 3 mulai tang­gal 24 Agustus 2021,” kata Pre­siden Jokowi, dalam siaran lang­sung di kanal YouTube Se­kretariat Presiden, Senin (23/8).

Jokowi mengingatkan pan­demi Covid-19 belum selesai. Bahkan beberapa negara sedang mengalami gelom­bang ketiga dengan pe­nam­bahan kasus yang sig­nifikan.

Dia meminta masya­rakat tetap waspada. Jo­kowi memastikan peme­rintah berusaha keras me­lak­sanakan kebijakan yang tepat dalam mengen­dali­kan pandemi ini.

Jokowi lalu me­ma­par­kan soal penanganan Co­vid-19 terkini di Indonesia. Dia menyatakan, sejak titik pun­cak kasus pada 15 Juli 2021, kasus konfirmasi po­sitif te­rus turun dan seka­rang su­dah turun sebesar 78%.

“Angka kesembuhan secara konsisten juga lebih tinggi dibanding penam­bahan kasus konfirmasi positif selama beberapa minggu terakhir,” katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pere­konomian, Airlangga Har­tarto mengatakan, terda­pat pengurangan jumlah kabupaten/kota yang me­ne­rapkan PPKM kali ini. “Sisanya 34 kabupaten/kota masih tetap berada di level 4, dan ini dituangkan dalam instruksi Mendagri bahwa perpanjangan akan dila­kukan 24 Agustus-6 September,” kata Air­lang­ga dalam konferensi pers, Senin (23/8) malam.

Dia menuturkan dari segi kasus aktif di luar Jawa berkontribusi 52,3 persen terhadap nasional. “Dan kasus aktif ini kita lihat terjadi penurunan,” ujar­nya.

Sebelumnya Presiden Jokowi atau Jokowi menu­turkan telah terjadi penu­runan kasus aktif Covid-19 di luar Jawa Bali. Dengan melihat mulai membaiknya beberapa indikator, peme­rintah akan memper­tim­bang­kan melakukan pe­nye­suaian bertahap atas beberapa pembatasan.

Diperpanjangnya PPKM­ Level IV di Kota Padang, Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku tidak tahu alasan peme­rintah pusat mem­perpan­jang PPKM hingga 6 September. Padahal, dari data Dinas Kesehatan Kota Pa­dang, jumlah kesembuhan pasien mulai berkurang.

Dijelaskan, satu pekan terakhir, pasien yang men­jalani isolasi sekitar 4.200 orang sekarang tinggal 1.900 orang. Menurutnya hasil ini menunjukkan angka yang sudah jauh menurun. Namun ia tidak tahu mengapa pemerintah pusat tetap melanjutkan.

Wako menjelaskan, mes­ki masih PPKM Level IV, aturan banyak yang dilonggarkan dari sebe­lumnya. Mulai dari ber­ibadah di tempat ibadah dan untuk tempat usaha buka hingga pukul 00.00 WIB.

Akan tetapi, kegiatan yang berkerumun tetap tidak dibolehkan, agar ja­ngan menyebarkan varian covid-19 yang baru.

“Semua sudah buat komitmen siap menerap­kan protokol kesehatan, termasuk pengusaha su­dah tandatangani pakta in­tegritas. Mereka siap di­segel jika melanggar, seka­rang tinggal pengawasan, jika masih melanggar tidak ada kata maaf,” tegasnya.

Terpisah, Kalaksa Ba­dan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kota Padang Barlius menga­takan, sejumlah aturan dilonggarkan dalam PPKM Level IV hingga 6 September nanti. Diantaranya, auran baralek.

“Acara baralek sudah diperbolehkan. Namun, jumlah tamu yang hadir hanya boleh 25 persen atau 30 orang. Kemudian tidak diperbolehkan makan di tempat tapi hanya boleh bawa pulang,” ujar Barlius.

Kemudian aturan lain­nya yang diperbolehkan adalah tempat wisata su­dah boleh dibuka dengan se­jumlah persyaratan. Di­ke­tahui, berdasarkan In­struksi Men­teri Dalam Ne­geri No­mor 36 Tahun 2021, tentang PPKM Level 4 Covid-19 di Wilayah Su­matera, Kali­man­tan, Sula­wesi, Nusa Teng­gara dan Papua, PPKM Level 4 ber­laku dari 23 Agustus hingga 6 September 2021. (ade/hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional