Menu

PPKM Darurat, PLN Mobile Jadi Garda Depan Layanan Selama WFH

  Dibaca : 80 kali
PPKM Darurat, PLN Mobile Jadi Garda Depan Layanan Selama WFH
PT PLN (Persero) berkomitmen mengoptimalkan layanan untuk pelanggan rumah tangga guna menunjang produktivitas di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan PPKM Darurat dari tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang.

WAHUDIN, METRO–PT PLN (Persero) ber­komitmen mengop­timal­kan layanan untuk pelang­gan rumah tangga guna menunjang produktivitas di tengah penerapan Pem­berlakuan Pembatasan Ke­giatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan PPKM Darurat dari tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang.

 Bob Saril, Direktur Ni­aga dan Manajemen Pelang­gan PLN mengatakan, ber­kaca dari pengalaman pem­batasan sosial berskala besar (PSBB) tahun lalu, PLN akan lebih m­e­ning­katkan pelayanannya un­tuk memastikan semua dapat mengikuti PPKM ini.

 “Kita harus memas­tikan keandalan listrik un­tuk rumah tangga dimana masyarakat akan mela­kukan work from home. Kami memastikan digita­li­sasi berjalan untuk konsu­men kami karena perge­ra­kan mereka terbatas, se­hingga kita harus meng­gu­nakan teknologi untuk tetap berhubungan,” uja­r­nya.

 Selanjutnya, aplikasi PLN Mobile diharapkan da­pat menjadi solusi se­bagai garda terdepan PLN dalam berkomunikasi de­ngan selu­ruh pelanggan PLN, teruta­ma sektor ru­mah tangga. Dengan PLN Mobile, cukup de­ngan satu sentuhan pe­lang­­gan dapat menyam­paikan kelu­han, lalu petugas PLN bisa me­nganalisis kelu­han yang di­sampaikan dan langsung melakukan perbaikan.

 “Kami akan pastikan semua permasalahan bisa disampaikan melalui PLN Mobile dan bisa langsung kami tangani, konsumen juga bisa mengecek sam­pai sejauh mana pelak­sanaannya melalui PLN Mobile. Sehingga mereka tidak perlu menelepon ber­kali-kali untuk mengetahui proses perbaikan yang telah dilakukan,” paparnya

Aplikasi PLN Mobile juga memiliki fitur catat meter mandiri (swacam) bagi pe­langgan pasca­ba­yar, se­hing­ga pelanggan dapat me­laporkan angka stan meter sehingga data yang diterima lebih akurat dan mengurangi intensitas per­te­muan antara petugas dan pelanggan. Namun PLN me­mastikan tetap a­kan mela­kukan pencatatan me­ter secara langsung kepada pelanggan yang belum me­la­kukan catat meter mandiri.

Di Sumatera Barat, pe­ne­rapan PPKM Mikro di 4 daerahnya, yaitu; Padang, Padang Panjang, Bukit­tinggi, dan Solok sejak tang­gal 3 Juli 2021 lalu me­ngakibatkan aktivitas eko­nomi masyarakat di luar rumah maupun ruang ter­buka berkurang cukup dras­tis. 12 hingga 20 Juli 2021 ini 3 daerah tersebut lantas ditetapkan sebagai daerah yang harus mene­rapkan PPKM Darurat dari total 15 daerah di luar Pu­lau Jawa Bali yang ditetap­kan, yaitu; Padang, Padang Panjang, dan Bukittinggi.

PPKM Darurat menga­tur agar aktivitas kerja, ekonomi, pendidikan, peri­ba­dahan, dan beberapa lainnya dilakukan dengan pengurangan presentasi untuk pengurangi penum­pukan. Sebagai alternatif, aktivitas dapat dialihkan kepada kegiatan virtual, take away, atau meng­hindari jam padat.

Dengan begitu, akti­vitas di rumah di tiga da­erah tersebut dianalisa akan meningkat drastis. Menyikapi ini, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat (GM PLN UIW Sumbar), Toni Wahyu Wibowo me­nye­butkan akan memas­tikan supply energi listrik ke kawasan mayoritas rumah tangga akan tetap andal.

‘’Penerapan PPKM da­ru­rat, menyebabkan sera­pan pasokan listrik untuk sektor bisnis dan beberapa sektor sosial seperti se­kolah negeri dan rumah ibadah akan turun. Untuk itu kami akan fokus di ke­andalan sekto rumah tang­ga. Juga fasilitas kese­hatan sebagai support bagi pejuang kesehatan kita,’’ sebutnya, Senin (12/07).

Toni Wahyu menam­bahkan, PLN UIW Sumbar pun akan memastikan la­ya­nan keluhan yang pe­langgan lakukan melalui PLN Mobile dapat direspon cepat dan tepat. ‘’Jadi mari pelanggan tetap di ru­mah, patuh ada aturan PPKM. Biar petugas PLN yang atasi masalah ke­lis­tri­kan­nya. Petugas yang ber­tugas di lapangan pun di­u­payakan mengikuti pro­tokol kesehatan yang sa­­ngat ketat, lanjutnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional