Menu

PPIH Embarkasi Padang Dilantik

  Dibaca : 155 kali
PPIH Embarkasi Padang Dilantik
MEAL TEST--Usai pelantikan PPIH, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji H. Maman Syaifullah, Wakil Gubernur, Nasrul Abit, Kakanwil Kemang Sumbar Hendri , melakukan meal test menu jamaah haji di pesawat garuda Indonesia. (humas)

PADANG, METRO – Proses pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) Embarkasi Padang tinggal hitungan hari. Untuk memantapkan gerak, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi yang diketuai langsung Kepala Kanwil Sumbar Hendri dilantik Dirjen PHU, disakssikan Waakil Gubernur Sumbar, hari ini Selasa (25/6).

Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji H. Maman Syaifullah menyampaikan, Embarkasi Padang akan memberangkat 6.945 jamaah haji dengan rincian Sumbar 5.005 orang, Bengkulu 1.940 orang ditambah 37 orang TPHD dan 90 Petugas kloter. Jamaah ini akan diberangkatkan dalam 18 kloter, 13 diantaranya dari Sumbar dan 5 Kloter Bengkulu.

Kakanwil juga menginformasikan jemaah kloter I akan masuk asrama haji Embarkasi Padangpada hari Sabtu tanggal 6 Juli 2019 dan diberangkatkan ke Medinah Minggu tanggal 7 Juli. Sehubungan dengan pelantikan hari ini embarkasi haji Padang bertekat akan memberikanpelayanan sebaik-sebaiknya, prima dan maksimal sesuai tugas fungsi dan kewenangan .

Panitia sangat menentukan suksesnya pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji. Ia juga bertugas memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada jamaah haji.

“Mari kita bulatkan tekad menjalankan amanah dengan penuh keihklasan dan penuh tanggungjawab. Semoga Allah memberi kemudahan kepada kita semua,” ungkap Ketua PPIH.

Sementara itu, Wakil Gubernur, Nasrul Abit menyatakan, paniti tentu akan bekerja berat, jamaah Sumatera Barat 6 ribu lebih. Bagaimana memberikan pelayanan yang sebaik- baiknya agar jamaah merasa senang. Tidak ada beban dan keluhan selama berada di sini.

Tahun lalu, lanjut Wagub, pesawat pernah terlambat tetapi jamaah tidak dikasih makan, ini perlu diperhatikan dan diantisipasi, minimal snack. Untuk tim garuda tolong dipastikan jamnya. supaya masyarakat kita tidak rame di Bandara.

Kemudian, pelayanan diatas pesawat tentu SOP sudah ada di garuda. Harapan kita semua jamaah kita agar dimaklumi saja karena sebagian besar berasal dari kampung, tidak faham fasilitas yang ada di pesawat mungkin sesuatu yang aneh bagi mereka. Jadi perlu dikasih bimbingan dari kru agar mereka bisa mnggunakan fasilitas-fasilitas didalam pesawat.

Hari ini Daftar tunggu makin hari makin lama, bahkan sampai 19 sampai 20 tahun. Ini ada perobahan perilaku di masyarakat. Tingkat kesadaran dan keimanan semakin tinggi karena berhaji itu suatu kewajibanwajib. Kedua masalah ekonomi, dulu banyak orang yang mampu tapi dipanggil untuk mendaftar.

Maka bagaiman jamaah haji bisa memanfaatkan waktu sebai-baiknya di tanah suci. Tugas petugas haji meyakinkan jamaah bahwa ke tanah suci untu ibadah agar jamaah tidak menyia-nnyiakan waktu.

“Berikan pembinaan dan ceramah kepada jamah. Ini adalah kesempatan yang bagus. Tolong sampaikan kepada jamaah agar mematuhi jadwal yang sudah ditentukan shingga selamat pulang dan pergi,” pinta Wagub.

Pada kesempatan yang sama Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji H. Maman Syaifullah yang membacakan sambutan Dirjen PHU Kemenag RI, menyampaikan agar PPIH yang baru dilantik dapat memberikan pelayanan seoptimal mungkin kepada jemaah haji.

Direktur juga menginformasikan bahwa jamaah haji yang akan diberangkatkan dari 13 Embarkasi se Indonesia berjumlah 216 .645 orang dalam 529 kloter dan jamaah haji khusus 17 ribu orang. Pemerintah sudah menetapkan jamaah diterbangkan dengan pesawat Saudi Arabia Airline dan Garuda Indonesia.

“Penyelenggaran ibadah haji merupakan tugas pemerintah. Pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan, pengawasan dan perlindungan kepada jamaah. Petugas haji kitaharus melayani dengan sebaik-baiknya. Petugas juga harus menerapkan 5 nilai budaya harus dalam memberikan pelayanan,” pungkas Maman Syaifullah.

Selanjutnya ungkap Direktur, pelayanan di Embarkasi sangat penting karena pelayanan pertama dan cermin kualitas pelayana haji indonesia. Sehingga indeks kepuasan terhadap pelayanan haji terus meningkat dari tahun ke tahun. (hsb/rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional