Close

Potensi Wisata Menjanjikan, Pengembangan Secara Profesional perlu Kerjasama Pihak ke Tiga

SAKSIKAN—Kadis parpora Padangpariaman Muhammad Fadhly Mou dengan kadis parpora Yogyakarta disaksikan Bupati dan Pj Walikota Yogyakarta.

PADANGPARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur berharap tingkat kunjungan wisata dalam Kabupaten Padangpariaman semakin tinggi. Namun pengelolaan pariwisata ke depan di Kabupaten Padangpariaman dapat dikelola dengan baik dengan kerjasama dengan pihak ke tiga. “Kita mengucapkan terima kasih atas kunjungan Walikota Yogyakarta ke Kabupaten Padangpariaman. Dengan kunjungan ini semoga pariwisata Padangpariaman seamkin maju dan berkembang,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur kemarin, saat terima kunjungan Pj Walikota Yogyakarta Sumardi da rombongan.

Suhatri Bur terima kasih atas kunjungan Walikota Yogyakarta selama 3  hari di Padangpariaman dan telah mengunjungi sentra pengolahan coklat, arfams durian dan juga Anai Land. “Kami sangat berharap kedepannya kunjungan pariwisata di Padangpariaman dapat berkembang pesat,” ujarnya.

Bahkan Suhatri Bur berharap pengelolaan dengan baik dengan kerjasama ini. “Kita akan belajar dari Yogyakarta dalam berbagai hal terutama pariwisata dan kreativitas dalam ekonomi kreatif guna pengembangan industri kreatif serta UMKM yang telah ada selama ini,” ujarnya.

Suhatri Bur menjelaskan, Pemkab Padangpariaman komitmen kembangkan pariwisata dengan kerjasama dengan Kota Yogyakarta. “Kita sangat optimis dengan kerja sama ini wisata Padangpariaman berkembang dan ekonomi masyarakat meningkat,” ujarnya.

Kegiatan kunjungan tersebut dihadiri Ketua DPRD Padangpariaman Ir H Arwinsyah MT dan Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman Rudy R Rilis, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman Muhammad Fadhly dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menandatangani Perjanjian Kerjasama tentang pengembangan kepariwisataan.

Semua itu sebagai tindaklanjut dari kesepakatann bersama kedua daerah yang telah dilakukan sebelumnya antar pemerintahan daerah  di Dempo Anai Land dan dihadiri 100 undangan, penandatangan dilakukan dalam acara yang diikuti oleh jajaran kedua pemerintah daerah.

Sementara Pj Walikota Yogyakarta Sumadi menjelaskan bahwa kerjasama kedua daerah sangat penting sebagai bentuk kolaborasi dalam pengembangan kepariwisataan. Sumadi menjelaskan bahwa Kabupaten Padangpariaman memiliki potensi yang sangat besar bidang kepariwisataan.

Kenapa tidak jelasnya,  mulai dari alam yang memiliki semuanya, pantai sampai pegunungan dan lokasi yang strategis mulai dari pintu masuk bandara udara dan jalur lalu lintas Sumatera. “Ini sebuah potensi besar yang secara geografis tidak dimiliki Yogyakarta,” ujarnya.

Katanya,  Yogyakarta fokus kepada sosial cultural hingga kunjungan mencapai 5,8 juta wisatawan sampai bulan lalu. “Oleh sebab itu, guna melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing, kerjasama ini sangat penting dan mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti dengan baik,” ujarnya.

Kemudian Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menyampaikan proses kerjasama antar kedua OPD sebagai tindaklanjut kesepakatan bersama kedua daerah yang telah dibahas dalam beberapa kali pertemuan secara virtual.

Dikatakan, beberapa hal yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama diantaranya  perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pengembangan kepariwisataan di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Padangpariaman.

Tukar menukar, distribusi dan diseminasi data dan informasi pariwisata yang dilakukan oleh para pihak maupun dunia usaha pariwisata, pemasaran bersama, kegiatan promosi, dan publikasi lainnya dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik.

Pengiriman delegasi atau perwakilan dari salah satu pihak untuk mengikuti kegiatan kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang diselenggarakan oleh pihak lainnya,  pengiriman pelatih usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dari salah satu pihak pada kegiatan pelatihan pariwisata dan ekonomi kreatif yang diselenggarakan oleh pihak lainnya.

Selanjutnya, peningkatan kapasitas kelembagaan pariwisata terutama untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Pengelola Kampung/ Nagari Wisata serta kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kota Yogyakarta dan di Kabupaten Padang­pariaman.

Kemudian katanya, pelaksanaan program peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif dan  penyusunan program, kegiatan dan inovasi secara bersama-sama sesuai dengan potensi wisata masing-masing.

Muhammad Fadhly juga menjelaskan bahwa kerjasama juga akan dilakukan dalam ekonomi kreatif yang melibatkan OPD terkait yang menangani perindustrian dan perdagangan guna peningkatan kualitas UMKM.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top