Close

Potensi Pertanian Belum Tergarap Maksimal

Ilustrasi

SOLOK, METRO
Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin menilai, potensi pertanian belum tergarap secara maksimal. Apalagi minat generasi muda untuk menjadikan usaha di sektor pertanian sebagai sumber ekonomi sangat rendah. Padahal potensi di sektor pertanian sangat menjanjikan.

Yulfadri Nurdin berharap para sarjana mampu menjadi pelopor dalam mengembangkan usaha masyarakat di sektor pertanian. Daerah Kabupaten Solok, butuh sarjana yang mampu mengembangkan kreatifitas dalam memajukan sektor pertanian Kabupaten Solok.

“Belum terberdayakan para  sarjana dalam mengembangkan sektor pertanian sangat disayangkan. Pada hal, Kabupaten Solok memiliki potensi besar disektor pertanian, apalagi pengelolaan, dan pemasaran terhadap produk yang dihasilkan juga masih jauh dari harapan,”  ujar Yulfadri.

Yulfadri berharap, ada andil besar pemuda berpendidikan dalam mengembangkan sektor pertanian, terutama dalam menciptakan ide-ide kreatif untuk kemajuan pertanian Kabupaten Solok.  Setidaknya mereka dapat menjadi motor penggerak dan pemandu di jorong  masing-masing dalam bidang usaha kreatifnya, dengan memanfaatkan peluang dari potensi pertanian daerah masing-masing.

Pelatihan tentang bagaimana pengelolaan wirausaha di bidang pertanian, merupakan bentuk dukungan dalam memulai langkah awal bagi para sarjana untuk terjun menggeluti usaha di sektor pertanian.

Selain itu Yulfadri Nurdin juga mengajak sarjana dan pemuda untuk berani berinovasi dan jadi sarjana kreatif. Sektor pertanian merupakan lahan potensial untuk digarap dengan berbagai ide kreatif yang membangun demi kemajuan.

“Setiap pemuda bisa merubah mindset serta sudut terhadap pertanian, apalagi di Kabupaten Solok, pertanian adalah penggerak utama roda perekonomian daerah. Pemuda di Kabupaten Solok  bisa saling bertukar pendapat khususnya dalam bidang usaha pertanian, sekaligus dapat berbagi ilmu kepada petani kita,” kata Yulfadri.

Dikatakan Yulfadri, dengan ide-ide usaha di bidang pertanian yang diusung pemuda, masalah pengangguran di Kabupaten Solok juga bisa teratasi. Pemerintah daerah akan ikut memantau perkembangan tersebut.

Sebab, secara nyata, pengembangan sektor pertanian merupakan program yang sejalan dengan empat pilar pemerintah kabupaten Solok bidang ekonomi kerakyatan.  Dengan mengikuti beberapa kegiatan sejak tahun yang lalu, serta program kegiatan yang telah dibentuk untuk dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Beranjak dari itu, dalam melahirkan berbagai program dan kegiatan yang berdampak kepada tumbuhnya kreatifitas pemuda dalam membuka peluang usaha memang tidak mudah, akan tetapi mendorong pemuda berpendidikan agar terus mengembangkan kemampuan diri untuk menjawab tantangan yang ada. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top