Close

Potensi Pariwisata Kabupaten Solok Menjanjikan, Warga harus Beri Kenangan Indah ke Wisatawan

Ilustrasi Wisatawan

SOLOK, METRO – Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin mengatakan dalam membangun pariwisata, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Artinya bukan bergantung pada pemerintah semata. Apalagi masyarakat sekitar objek wisata, dimana peran serta masyarakat sangat penting terutama dalam pengendalian perilaku.

Diakui Yulfadri, potensi pariwisata di Kabupaten Solok sangat menjanjikan. Seperti di Kecamatan Danau Kembar, banyak potensi wisata yang belum tergarap.

“Pada hal akses jalan sudah memadai, tempat wisatanya juga banyak, kebersihan dan daya tarik masyarakat dan daerah sekitar danau juga mendukung potensi tersebut,” ujarnya.

Apalagi terangnya, didukung dengan adanya 5 danau, dimana 3 diantaranya ada di kaki Gunung Talang. Yakni, Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang. Untuk itu Yulfadri mengimbau masyarakat untuk mampu memberikan kenangan yang indah kepada para wisatawan yang datang.

“Dengan kenangan tersebut, mereka tentu akan memberitahukan serta mengajak yang lain untuk mau berkunjung ke danau kembar,” tukasnya.

Menurutnya, sangat penting bagi masyarakat untuk menerapkan dan mengimplementasikan Sapta Pesona seperti di Bali yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Namun, sebagai Nagari Beradab dan berpegang kepada Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, tentu Solok tidak mungkin serta merta meniru semua yang diterapkan di Bali.

“Sebagai negeri beradab, punya aturan baku, kita harus memperlihatkan sikap yang tepat dan memberikan contoh kepada pungunjung. Kita harus bisa mengajak masyarakat berperilaku seperti kebiasaan kita. Jadi maka dari itu, perlu bagi masyarakat untuk mengendalikan perilaku juga dalam membangun pariwisata kita,” jelasnya.

Untuk momentum lebaran nanti lanjutnya, merupakan salah satu puncak jumlah pengunjung, perlu bagi semua aspek untuk bersinergi memajukan pariwisata. Terutama pembenahan dari sisi perilaku seperti menerapkan sapta pesona.

“Pelaku wisata dan masyarakat harus memahami bahwa kemajuan pariwisata akan dapat memberikan kesejahteraan yang pada akhirnya mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan Pendapatan Asli Daeah (PAD). Semua itu tentu jika dilakukan secara bersama-sama,” ungkapnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top