Close

Potensi Budidaya Lebah Kelutut Cukup Besar di Sumbar

Ilustrasi

PADANGPARIAMAN, METRO – Madu kelulut mempunyai banyak manfaat dan khasiatnya. Ternyata madu kelutut ini juga dibudidayakan di Sumbar, tepatnya di Korong Sungai Pua, Nagari Koto Dalam Barat, Kecamatan Padang Sago.

Mukhlisin, adalah petani budidaya lebah kelutut adal Padang Sago. Meski dia baru menggeluti usahanya sejak 2017 lalu, hasilnya bisa menopang ekonomi keluarganya.

Tertarik dengan membudidayakan lebah kelutut, kata Mukhlisin, karena melihat potensinya cukup besar untuk wilayah Sumbar. Bila dilakoni dengan serius, dipastikan bisa mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Meskipun budi daya lebah kelulut yang dijalaninya sebagai sampingan, namun produksi madu saat ini telah mencapai satu liter per bulan.

“Madu tersebut biasanya di kemas dalam botol ukuran 100 mililiter dengan harga jual Rp100 ribu per botol,” terangnya.

Madu milik Mukhlisin ada yang dijual hingga ke luar Sumbar. Katanya, biasanya para pelanggan terlebih dahulu melakukan pemesanan sebelum pengiriman. Dia juga mengakui cukup kewalahan karena pesanan yang datang sangat banyak.

“ Banyaknya pesanan, saya tidak mampu untuk memenuhi semuanya karena produksinya masih sedikit. , apalagi memasuki musim penghujan.

  Saat ini, dirinya telah memiliki tiga jenis lebah kelulut yang didapatkan di Padang Pariaman maupun luar daerah itu. Dia juga diminta dan ditunjuk Dinas Kehutanan Sumbar untuk mengikuti pelatihan ke Medan beberapa waktu lalu.

 Bahkan, dia juga menjadi penyuluh untuk budi daya lebah kelulut dan membina dua lokasi lainnya di Padang Pariaman.

Budi daya lebah kelulutnya pun telah menjadi lokasi penelitian dari sejumlah perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Menurutnya, kesulitan dalam budi daya lebah kelulut tersebut ketika memasuki musim hujan dan sedikitnya bunga di lokasi pembudidayaan. Ini bisa berpengaruh pada produksi madu.

“Selain itu semut dan cecak juga dapat mengganggu lebah,” katanya.

Menurut Mukhlisin, khasiat meminum madu lebah kelulut banyak manfaat. Seperti menyembuhkan asma, sakit kepala, menambah stamina. (z)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top