Menu

Positif Covid-19 sudah 62 Woi! Meninggal 6, Sembuh 11

  Dibaca : 431 kali
Positif Covid-19 sudah 62 Woi! Meninggal 6, Sembuh 11
DATA PANTAUAN COVID-19 Provinsi Sumatera Barat

PADANG, METRO
Kabar buruk masih menghantui Sumbar terkait penyebaran coronavirus disease 2019 atau covid-19. Sampai Jumat (17/4) sekitar pukul 15.00 WIB, jumlah orang yang terkonfirmasi positif terkena virus berbahaya itu sudah mencapai 62. Angka itu beranjak terus sejak diumumkannya pasien perdana 26 Maret 2020 lalu. Kecemasan warga menjadi-jadi, namun aktivitas di luar rumah masih belum terhenti.

Meski sekolah diliburkan, shalat Jumat ditiadakan, rumah makan tutup sebagian dan sejumlah perkantoran juga memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah, ternyata hal itu tak menurunkan angka penderita corona. Bahkan, sejumlah lokasi olahraga masih tetap ramai dikunjungi warga. Banyak lokasi keramaian masih juga diserbu, seolah warga tak takut virus ini.

Di batas Kota Padang – tepatnya di Jalan Adinegoro, Kototangah, petugas baik dari kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan cukup kewalahan mengecek warga yang datang. Banyak yang tidak menggunakan masker tapi nekat tetap “menyeberang” ke Padang. Tak bosan-bosan petugas melarang, bahkan ada yang sampai “digertak” memakai masker.

Kepala Biro Humas Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal menyebutkan, pada Jumat terjadi penambahan tujuh orang pasien positif covid-19. Sementara satu orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

”Berdasarkan hasil swab laboratorium Fakultas Kedokteran Unand yang dipimpin oleh dr Andani, hari ini terjadi penambahan tujuh orang pasien positif terinfeksi covid-19. Dengan demikian total yang positif terinfeksi covid-19 di Sumbar 62 orang. 11 orang sembuh, 6 orang meninggal dunia, 16 orang dirawat di berbagai rumah sakit dan 25 orang isolasi di rumah dan 4 orang diisolasi di Bapelkes Provinsi Sumbar di Padang,” katanya, kemarin.

Katanya, pertambahan pasien positif terinfeksi covid-19 tersebut berasal dari Kota Padang tiga orang, Pessel dua orang, satu orang dari Kabupaten Solok dan satu orang dari Kabupaten Dharmasraya. “Pasien dari Kota Padang adalah laki-laki, 61 tahun, merupakan suami dari pasien terinfeksi positif sebelumnya. Sekarang isolasi mandiri di rumahnya. Selanjutnya laki-laki, 57 tahun. Isolasi mandiri di rumahnya, merupakan karyawan toko. Lalu perempuan (50), isolasi mandiri di rumah. Terpapar saat kontak dengan salah seorang yang positif terinfeksi covid-19,” katanya.

Sementara pasien dari Pessel dua orang wanita, umur 20 tahun dan 42 tahun, diisolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Terpapar di tempat kerja. “Dari Kabupaten Dharmasraya pasien positif adalah laki-laki, 59 tahun, terpapar dari luar daerah. Sekarang di rawat di RSUD Sungai Dareh. Dari Kabupaten Solok, satu orang laki-laki umur 77 tahun. Sekarang dirawat di RSUP M Jamil Padang,” katanya.

Di sisi lain, katanya, pasien yang sembuh ada tambahan dari RS Bhayangkara satu orang. Sehingga total yang dinyatakan sembuh sampai hari ini adalah 11 orang. Di samping ada yang sembuh juga ada pasien positif terinfeksi covid-19 meninggal dunia. Pasien tersebut dirawat di RS Universitas Andalas, laki-laki 54 tahun asal Kota Padang.

Dari data seluruhnya, sebut Jasman, total orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 6.196 orang. Yang masih dalam proses pemantauan 644 orang dan selesai pemantauan 5.552 orang. Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 206 orang. “Dari 206 PDP tersebut, 39 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil laboratorium. Negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 144 orang dan isolasi diri di rumah 23 orang,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional