Menu

Positif Corona saat Daftar ke KPU, Balon Kada akan Ditempatkan di Ruang Isolasi

  Dibaca : 219 kali
Positif Corona saat Daftar ke KPU, Balon Kada akan Ditempatkan di Ruang Isolasi
Ilustrasi

KHATIB, METRO
Menatap Pilkada serentak Desember 2020 mendatang, KPU Sumatera Barat akan mempersiapkan prosedur pendaftaran khusus bagi bakal calon (Balon) kepala daerah (Kada) yang diketahui positif terinfeksi Covid-19.

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani menyebutkan, meskipun balon itu positif corona dan salah satu syarat pendaftaran, balon harus hadir, maka mereka yang positif corona akan diberlakukan secara khusus.

“Untuk aturan baku memang belum ada. KPU RI juga belum menerbitkan aturan soal itu, jika ada dari KPU RI itu kita pakai. Kalau tidak, kita akan mengaturnya,” ujar Izwaryani, Kamis (27/8).

Izwaryani menjelaskan, bagi bakal cakada (calon kepala daerah) positif corona dan sedang diisolasi, maka bakal calon akan ditempatkan di ruang isolasi yang dapat dijangkau petugas KPU untuk proses pendaftaran. “Aturan pendaftaran bahwa bakal calon wajib hadir ke KPU itu kita ganti. Kita tempatkan bakal calon di ruang isolasi yang dapat kita jangkau,” ungkapnya.

Dengan demikian, kata Izwaryani, proses pendaftaran bakal calon dapat dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Itu akan kita lakukan jika revisi PKPU Nomor 6 belum juga selesai,” ucapnya.

Kemudian, terkait pemeriksaan kesehatan terhadap bakal calon, menurut Izwaryani hal itu dapat ditunda terlebih dahulu. “Bakal calon yang positif corona ini kita tunggu dulu sampai ia negatif. Pemeriksaan kesehatan untuk syarat pendaftaran akan ditunda dengan rentang waktu 20 hari. Setelah ia dinyatakan negatif corona, baru dilaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk bakal cakada tersebut,” paparnya.

Namun, menurut Izwaryani, proses pendaftaran untuk bakal calon yang lain tetap dilanjutkan. “Proses untuk bakal calon yang lain tetap, ini diberlakukan hanya untuk bakal calon yang positif corona, pemeriksaan kesehatan dapat ditunda hingga 20 hari, nanti dia menyusul. Aturan ini berlaku untuk seluruh daerah,” tutupnya. (heu)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional