Menu

Porbi Berburu Babi di Nagari Pasie Laweh

  Dibaca : 90 kali
Porbi Berburu Babi di Nagari Pasie Laweh
BURU BABI— Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur melihat langsung acara buru hama bersama ninik mamak.

PDG.PARIAMAN, METRO
Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan hama babi saat ini memang sangat meresahkan masyarakat, karena itulah masyarakat membasmi hama tersebut. Di Padangpariaman, Persatuan Olahraga Buru Babi (Porbi) se-Kabupaten Padangpariaman melaksanakan buru babi bersama di Kenagarian Pasie Laweh Lubuk Alung.

“Rimbo satumpak, badie salareh, galah nan sabatang dan panenan nan saikua bagi masyarakat pemburu bai dipergunakan untuk membasmi hama tersebut,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat membuka alek buru babi tersebut, kemarin.
Katanya, kak bangkak badamak, luko ba taweh dan ilang batimbuan.

“Itulah falsafah bagi pecandu buru babi di minang kabau, karena ini merupakan tradisi yang sudah berkembang sejak ratusan tahun yang lalu,” ungkapnya.

Dikatakan, kekompakan, kesatuan tekad, kebersamaan dan saling menghargai merupakan nilai yang berkembang bagi Porbi di Padangpariaman.

“Sekarang mereka bertekad dan menyatukan hati juga untuk Padangpariaman religius, unggul berkelanjutan dan sejahtera dalam mensejahteraan masyarakat salah satunya dengan membasmi hama babi,” ujarnya.

“Pemkab Padangpariaman sangat mendukung kegiatan masyarakat ini. Apalagi alam berburu babi ini kebudayaan minangkabau kabau sangat kental dalam pelaksanaannya,” tandas Suhatri Bur. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional