Close

Populasi Harimau Berkurang, Pemko Bukittinggi Komit Jaga Kelestarian Harimau

JAGA KELESTARIAN— Wali Kota Bukittinggi Erman Safar saat mengunjungi TMSBK. Dalam kunjungan tersebut Wali Kota menyampaikan komitmen menjaga kelestarian harimau yang saat ini dipusatkan di lembaga konservasi milik pemerintah kota Bukittinggi tersebut.

BUKITTINGGI, METRO–Pemerintah Kota Bukittinggi, berkomitmen menjaga kelestarian Harimau yang saat ini dipusatkan di lembaga konservasi milik pemerintah kota Bukittinggi yaitu Taman Marga Satwa dan Kinantan (TMSBK).

Pemerintah Kota Bukittinggi dinilai sudah berhasil dalam pengembangan harimau Su­matera karena terjaga kemurniannya dari perkawinan sedarah (Inbrending).

Kepala TMSBK, Silvira­wane Ria Putri di Bukittinggi mengatakan, peringatan Tiger Day dilakukan selama tiga hari di Bukittinggi dengan antusias masyarakat yang cukup tinggi dalam kunjungan.

Ia menyebutkan saat ini jumlah Harimau yang ada di TMSBK sebanyak tujuh ekor dalam keadaan sehat dan berusia dewasa.

”Harimau saat ini berjumlah tujuh ekor dengan empat betina serta tiga jantan, semua dewasa, antusias warga cukup ting­gi dengan indikatornya tanda tangan yang sengaja diminta kepada pengunjung,” katanya.

Menurutnya, TMSBK terus meningkatkan kualitas pelaya­nan kepada pengunjung me­lalui penambahan fasilitas dan jumlah binatang.

”Penambahan satwa ada dalam perencanaan, Taman Aviari juga harus di lengkapi dengan jenis burung lainnya, kami bekerjasama dengan pihak lain, saat ini TMSBK memiliki 350 individu binatang,” katanya.

Sementara itu Wako Bukittinggi Erman Safar mengatakan, penyebab berkurangnya populasi harimau karena semakin sempitnya habitat dan tempat mereka hidup karena ulah manusia yang membuka hutan tanpa kendali serta perburuan harimau untuk diperjualbelikan.

”Agar populasi harimau itu dapat dipertahankan, maka pemerintah Kota Bukittinggi mempunyai komitmen untuk menjaga kelangsungan hidup harimau itu khususnya harimau sumatera,”kata dia.

Wali Kota mengajak semua pihak untuk dapat menjaga kelestarian harimau khususnya Ha­rimau Sumatera dengan cara menjaga populasi dan habitat yang ada di sepanjang hutan bukit barisan serta men­ce­gah terjadinya perdagangan he­wan yang dilindungi tersebut. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top