Close

Ponpes Ababil Ketiban Rezeki, Bantuan Kementerian dan APBD Kota Sawahlunto Diserahkan

SERAHKAN BANTUAN— Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti didampingi Kakanmenag Sawahlunto Dedi Wandra serahkan bantuan di Peringatan Hari Santri.

SAWAHLUNTO, METRO–Ketua Yayasan Pesantren Ababil Kenagarian Lunto Yusnaldi Rajo Ku­aso, pada Sabtu 22 Oktober 2022 mengatakan keempat jenis bantuan itu telah diterima pihaknya secara simbolis pada U­pacara Hari Santri Nasio­nal Tingkat Kota Sawahlunto.  “Alhamdulillah, kami senang dan bersyukur sekali pada tahun ini banyak perhatian serta dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah dae­rah pada pesantren Aba­bil. Ini akan meningkatkankan kuantitas dan kualitas pembelajaran sehingga anak didik pun bisa menjadi lebih baik ilmu yang diperoleh,” kata Yusnaldi.

Yusnaldi merinci keempat jenis bantuan itu adalah ; bantuan pelaksanaan peningkatan kua­litas kesehatan lingkungan di lembaga pendidikan keagamaan sebesar seratus juta rupiah yang bersumber dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kemudian bantuan program pelatihan untuk Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Ababil Kenagarian Lunto sebesar Rp­44.630.000,- yang bersumber dari Kementerian Te­naga Kerja (Kemnaker),” ujar Yusnaldi merinci.

Setelah itu bantuan di­gital skill (keterampilan digital) santri untuk dua ang­katan sebanyak dua puluh enam juta rupiah yang juga bersumber dari Kem­naker. “Untuk yang dari APBD Kota Sawahlunto yaitu melalui aspirasi pokok pikiran (pokir) Anggota DPRD Kota Sawah­lun­to atas nama Adepron, di­berikan untuk bantuan rehab gedung MTs Swasta Lunto sebesar Rp­140.­000.000,-,” ujar Yusnaldi merinci.

Wakil Wali Kota Sa­wahlunto Zohirin Sayuti yang menyerahkan bantuan tersebut secara sim­bolis saat menjadi inspektur upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kota Sawahlunto menyampaikan bantuan itu sebagai wujud bahwa pemerintah pusat dan daerah konsisten memberikan duku­ngan pada lembaga pe­n­didikan keagamaan.

“Lunto ini patut kita acungkan jempol dalam komitmen memberikan pendidikan agama kepada generasi penerus, karena dari semua nagari di Sa­wahlunto hanya nagari Lunto ini yang memiliki Yayasan Pondok Pesantren. Tentu Pemko Sawah­lunto sejalan dengan visi misi nomor satu yaitu menjadikan kehidupan beragama dan berbudaya yang semakin baik maka terus memberikan ber­bagai bentuk dukungan dan dorongan,” kata Wa­wako Zohirin Sayuti.

Dukungan itu, disampaikan Wawako Zohirin berbentuk program/kebijakan dan anggaran, yang dikoordinasikan melalui Dinas Pendidikan dan Ba­gian Kesejahteraan Rak­yat (Kesra) serta sinergi dengan Kementrian Agama (Kemenag).

“Sekarang dengan di­perolehnya tiga jenis bantuan dari Kementerian dan satu dari APBD ini, kamu yakin mampu mendongkrak prestasi dan kualitas pendidikan di Yayasan Pesantren Ababil Lunto ini. Tahun depan kita juga akan bahas bagaimana bisa tetap ada dan bertambah bantuan pada pesantren ini,” kata Wa­wako Zohirin Sayuti.

Sementara, Kepala Kan­tor Kemenag Sawah­lunto Dedi Wandra menyebut pihaknya terus hadir dalam mendampingi dan mengawasi Yayasan Pondok Pesantren Ababil Lunto. “Kita juga selalu membantu bagaimana koordinasi ke pemerintah provinsi dan pusat sekaitan peluang-peluang bantuan yang bisa dimanfaatkan oleh pesantren Ababil Lunto ini,” kata Dedi.

Untuk informasi, Yayasan Pondok Pesantren Ababil Kenagarian Lunto menaungi sejumlah jenjang pendidikan yakni ; TK, Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsana­wiyyah (MTs) sampai Madrasah Aliyyah (MA). (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top