Close

PON Papua, Daerah Rawan di Pegunungan Bintang

Terselenggaranya PON XX Papua 2021.

JAYAPURA, METRO–Terselenggaranya PON XX Papua 2021 masih menjadi tanda tanya bagi sejumlah warga Indonesia yang bertolak ke Bumi Cen­­dra­wasih tersebut, ba­nyak warga Indonesia beranggapan bahwa Pro­vinsi Papua saat ini dalam kondisi yang tidak kondusif dari kekuasaan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Salah satu dari peserta yang mengikuti helatan berskala nasional tersebut, Ketua Koordinator Konti­ngen Sumbar, BM Satria Dwi Putra Sumbar mengatakan, kondisi di Provinsi Papua aman terkendali, khususnya di kota dan ka­bupaten Jayapura kondisi masih kondusif.  “Kondisi Papua baik-baik saja sampai sekarang tidak ada masalah dalam apapun, mudah-mudahan papua aman selalu,” katanya.

Terkait KKB, Ami me­ngatakan, KKB itu hanya terjadi di pegunungan Pa­pua saja. “Masalah KKB itu di kabupaten dan kota tidak ada, itu paliing di pegunu­ngan saja, dan aparat-apa­rat yang sudah dikerahkan oleh kepolisian dan TNI juga sudah tersebar di beberapa lokasi rawan di Papua,” ujarnya.

Ami mengimbau kepada seluruh kontingen seluruh Indonesia, khususnya Provinsi Sumbar agar tetap berpikir positif yang terjadi di Papua.  “Saya himbau kepada seluruh kontingen, khususnya Sumbar, jangan terpancing dengan berita-berita yang tidak benar soal Papua keamanan Pa­pua,” tutupnya.

Sementara, Komandan Datasemen Gegana Satbrimob Polda Sumbar, Encep Henry mengatakan, kondisi di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura kondusif. “Alhamdulillah, menurut informasi dari satgas pengamanan PON XX Pa­pua, situasi masih kondu­sif, khususnya untuk Ka­bu­pa­ten Jayapura,” ujar Encep.

Ia menghimbau kepada seluruh kontingen yang akan menuju Papua atau pun sudah berada di Pro­vinsi Papua agar mampu berbaur dengan masyara­kat setempat. “Diharapkan kontingen yang datang ke Papua nantinya mampu menyesuaikan adat istiadat setempat, apa yang sekiranya bisa menyinggung, hal tersebut bisa kita hindari, kita saling menghargai dan menghormati saja dimanapun berada agar bisa tercipta persaudaran sebangsa dan seta­nah air ini,” pintanya. (heu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top