Close

Polri Bentuk Satgas Gabungan Cegah Polarisasi di Pilpres 2024

KONFERENSI PERS— Kadivhumas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan satgas gabungan dibentuk bersama KPU, Bawaslu, dan partai politik.

JAKARTA, METRO–Polarisasi yang menjadi dampak buruk peng­gunaan politik identitas pada Pemilu 2019 sudah sepatutnya dicegah agar tak semakin parah. Korps Bhayangkara pun mengantisipasinya sejak jauh-jauh hari. Salah satunya membentuk satuan tugas (satgas) untuk mencegah pemanfaatan politik identitas.

Satgas tersebut akan memberikan edukasi, so­sia­lisasi, dan literasi untuk kam­panye yang bermar­tabat. Ka­div­humas Polri Irjen Dedi Pra­setyo me­nya­­takan, sat­gas gabu­ngan itu dibentuk ber­sama KPU, Bawaslu, dan par­tai politik. Tugasnya men­­­ce­gah peng­gunaan po­li­tik identitas dan aksi pro­vo­kasi.

Agar masyarakat bisa menjaga persatuan, tole­ransi, etika, dan moderasi agama, ungkapnya, Rabu (15/6).

Untuk memperkuat ini­siatif tersebut, akan dilaku­kan focus group discussion (FGD) bersama elemen masyarakat. Tokoh masya­rakat, pemuka agama, dan pegiat media sosial juga dilibatkan. Untuk menjaga kebinekaan, tuturnya.

Yang tak kalah penting, Polri bakal kembali meng­aktifkan patroli siber. Pe­ran utamanya adalah mem­berikan peringatan ter­hadap pihak yang me­nye­bar konten provokasi. Se­mentara itu, penegakan hukum dilakukan dengan metode ultimum remedium. Pidana akan jadi jalan terakhir, ujarnya.

Menjelang Pilpres 2024, Polri akan menggelar Ope­rasi Mantap Brata. Operasi tersebut dilaksanakan mu­lai dari tingkat Mabes Polri hingga polsek, dan bekerja sama dengan TNI. Tujuan­nya, menjaga keamanan selama berlangsungnya Pilpres 2024. Polri akan bersinergi dengan TNI, penyelenggara pemilu, dan stakeholder, ucapnya.

Sebelumnya, Kapolri Jen­deral Listyo Sigit Pra­bowo menegaskan pen­ting­nya persiapan penga­ma­nan Pilpres 2024 lebih awal. Sebab, Pilpres 2024 jauh lebih kompleks dari pemilu dan pilpres sebe­lumnya. Pilpres 2024 akan menggabungkan pilpres dan pilkada. Karena itu, Korps Bhayangkara terus menyiapkan penga­manan meski waktunya ma­sih panjang. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top