Close

Polri Bentuk Satgas, Cegah Politik Identitas di Pemilu 2024

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

JAKARTA, METRO–Polri menyiapkan sebuah satuan sebagai upaya pencegahan politik identitas saat pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan langkah yang dipersiapkan salah satunya membentuk satuan tugas (satgas).

“Menyiapkan satgas-satgas untuk memberikan sosialisasi, edukasi, dan literasi kampanye yang bermartabat, menjaga etika, toleransi, moderasi beragama, dan menjaga persatuan,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Selasa (14/6).

Satgas tersebut bakal beranggotakan personel Polri, Komisi Pemulihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Selain itu, seluruh partai politik (parpol) yang ikut serta dalam pemilu serentak juga akan dilibatkan.

Di sisi lain, lanjut Dedi, pihaknya juga akan menyelenggarakan forum group discussion (FGD) guna mengedukasi masyarakat dan menjaga per­sa­tuan selama pemilu berlangsung.

“Bersama Kominfo dan para penggiat medsos untuk sosialisasi dan kampanyekan moderasi beragama, toleransi, dan menjaga kebinekaan,” ujar Dedi.

Perwira tinggi Polri itu mengatakan pihaknya juga bakal melakukan patroli siber secara berkala. Korps Bhayangkara berupaya mencegah praktik politik identitas di media sosial.

“Gakkum merupakan ultimum remedium agar kasus-kasus hoaks, hate speech, dan lain-lain tidak terjadi berulang dan masif,” tutur Dedi. (cr3/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top