Menu

Polres Sijunjung Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu

  Dibaca : 63 kali
Polres Sijunjung Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu
SISPAMKOTA— Jajaran Polres Sijunjung gelar simulasi Sispamkota dalam rangka persiapan pengamanan pemilu mendatang, Jumat (22/3).

SIJUNJUNG, METRO – Usai dilakukan penghitungan suara di KPU Sijunjung, masyarakat yang tidak puas dengan hasil penghitungan melakukan unjuk rasa hingga berujung anarkis. Puluhan massa mendesak masuk ke kantor KPU hingga terjadinya aksi lempar ke arah kantor KPU. Bahkan, massa yang semakin brutal menculik ketua KPU Sijunjung dan membawa kotak surat suara.

Jajaran anggota dari Polres Sijunjung melakukan pengamanan dengan memecah massa menggunakan mobil anti huru-hara dan personel satuan Sabhara dengan peralatan lengkap diturunkan untuk menetralisir situasi. Dengan keahlian dan peralatan khusus dari petugas, massa pun berhasil dibubarkan.

Meskipun demikian, ketua KPU dan kotak suara yang dibawa sekelompok orang tersebut dilakukan pengejaran oleh tim tindak dari Satreskrim Polres Sijunjung. Sebuah rumah yang dicurigai tempat persembunyian pelaku dan tempat dimana ketua KPU disandera pun digerebek petugas dengan menggunakan senjata lengkap.

Meskipun sempat mendapat perlawanan dari para pelaku, polisi akhirnya berhasil mengamankan sandera dan kotak suara, serta menangkap komplotan pelaku. Ketua KPU yang sebelumnya diculik harus segera mendapatkan pertolongan medis dan dilarikan dengan mobil ambulance.

Kemudian tim dari inafis polres Sijunjung melakukan olah TKP di lokasi kejadian dan mengamankan sejumlah barang bukti dan senjata tajam yang digunakan pelaku. Begitulah situasi yang sangat mencekam dalam pelaksanaan simulasi Sispamkota dalam rangka persiapan pengamanan pemilu mendatang yang digelar oleh jajaran Polres Sijunjung.

“Ini simulasi yang menggambarkan situasi yang cukup mencekam, kegiatan ini dilakukan untuk pengamanan pada pemilu mendatang, sekaligus persiapan untuk anggota di lapangan,” tutur Kapolres AKBP Driharto didampingi Wakapolres, Kompol Suyanto, Jumat (22/3).

Simulasi yang digelar di lingkungan Polres Sijunjung tersebut melibatkan ratusan personel dari Polres Sijunjung usai mengambil apel gabungan gelar pasukan simulasi Sispamkota dan pengamanan pemilu.

Kegiatan tersebut dilakukan dibawah komando Kabag Ops Kompol R. Sihombing dan Kasat Sabhara, Iptu Asril dan disaksikan oleh seluruh jajaran Polres Sijunjung serta TNI, BPBD, Satpol PP dan pihak terkait lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu mendatang.

AKBP Driharto pun mengapresiasi kegiatan tersebut, dan meminta agar anggota selalu siap dalam situasi apapun. “Saya apresiasi, karena terlihat keseriusan anggota dalam melaksanakan kegiatan itu, meskipun ini sebuah simulasi. Namun kita harus selalu siap dalam menjaga keamanan,” ujar AKBP Driharto.

“Simulasi ini bertujuan agar anggota selalu siaga dan memahami prosedur di lapangan. Sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan di lapangan, bisa dicegah dan diamankan secepat mungkin. Kegiatan ini juga menggunakan peralatan lengkap anti huru-hara yang dimiliki Polres Sijunjung,” tutur Kasat Sabhara, Iptu Asril melalui Kasubag Humas, Iptu Nasrul Nurdin.

Ia menjelaskan, simulasi pengamanan pemilu yang digelar merupakan sebuah upaya dalam menguji kesiapan anggota di lapangan. Serta pencegahan agar tidak terjadinya hal yang tidak diinginkan nantinya.

“Meskipun ini simulasi, kita akan upayakan terlebih dahulu pencegahan agar tidak terjadi hal yang mengganggu keamanan. Namun kita berharap agar pelaksanaan pemilu nantinya berjalan dengan lancar, sukses, aman dan sesuai aturan,” tambahnya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional