Meminimalisir Pelanggaran Selama Kampanye, Bawaslu Lakukan Pengawasan

petugas pengawas--Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Titony Tanjung bersama petugas pengawas turun melakukan pengawasan dan monitoring langsung di lokasi kampanye.

SOLOK, METRO–Mencegah dan meminimalisir pelanggaran selama masa kampanye, Bawaslu Kabupaten Solok turun guna melakukan pengawasan dan monitoring. Kegiatan ini dilakukan di sejumlah titik lokasi kampanye sesuai jadwal dan izin yang dikeluarkan pihak terkait.

Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Titony Tanjung yang turun langsung bersama sejumlah petugas guna melakukan pengawasan dan monitoring me­ngatakan, selama masa kampanye petugas pengawas dari berbagai tingkatan harus jeli dan turun kelapangan. Langkah ini dilakukan untuk meminima­lisir terjadinya kemungkinan pelanggaran selama masa kampanye.

“Selain melakukan pengawasan, kita turun juga untuk melakukan monitoring dan melihat langsung kondisi pengawasan oleh petugas di lapangan,” ujar­nya.

Setidaknya menurut Titony Tanjung, sehari ada beberapa lokasi kampanye yang harus mendapat pe­ngawasan oleh petugas sesuai dengan surat izin kampanye yang dikeluarkan pihak terkait. Dan disetiap lokasi kampanye pihaknya harus memastikan ada petugas pengawas yang melakukan pengawasan di lapangan.

Selain itu petugas pengawas juga membuat laporan serta berkoordinasi untuk memastikan jalannya kampanye tanpa ada­nya pelanggaran sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Selama masa tahapan kampanye dalam Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok, petugas pengawas memang dituntut bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan. Bahkan petugas pengawas juga harus bekerja hingga malam hari.

Sejauh ini menurut Ti­tony Tanjung, masa kampanye masih berjalan aman dan lancar. Namun demikian petugas pengawas harus memastikan langkah pencegahan terhadap adanya potensi pe­langgaran sebelum terja­dinya pelanggaran. “Da­lam melakukan pengawa­san langakah koordinasi dengan berbagai pihak terus dilakukan. Sehingga potensi terjadinya pelanggaran dapat dicegah lebih awal,” tegasnya.  (vko)

Exit mobile version