KPU Padang Gelar Rakor Bersama Stakeholder, Gencarkan Sosialisasi Pelaksanaan PSU Anggota DPD RI

RAPAT KOORDINASI— KPU Kota Padang menggelar Rakor bersama jajaran pemerintah Daerah sekaitan dengan tahapan dan jadwal PSU DPD RI Dapil Sumbar di Santika Premiere Hotel Padang.

PADANG, METRO –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, gelar rapat Koordinasi (Rakor) bersama jajaran pemerintah Daerah sekaitan dengan tahapan dan jadwal Pemungu­tan Suara Ulang (PSU) calon anggota Dewan Perwa­kilan Daerah (DPD) RI Dapil Sumatera Barat (Sumbar) di Santika Premiere Hotel Padang.

Ketua KPU Kota Padang, Dorri Putra mengatakan, rapat koordinasi dengan mengundang pemerintah daerah dan instansi lainnya membahas sekaitan dengan pelaksanaan PSU DPD RI Dapil Sumbar. Apalagi, pelaksanaan PSU DPD RI hanya tinggal dua minggu lagi yakni tanggal 13 Juli mendatang.

“Adanya rakor yang dilaksanakan bersama unsur pemerintah daerah tentunya sosialisasi PSU DPD RI Dapil Sumbar lebih gencar hingga ke masyarakat sehingga tidak terjadi penurunan partisipasi pemilih. Sebab, PSU DPD RI Dapil Sumbar waktu pelaksanaan­nya juga pada hari Sabtu yang dimana merupakan hari libur kerja,” kata Dorri, Selasa (25/6).

Dorri menjelaskan, sebelumnya KPU Padang juga telah melantik PPS dan PPK untuk Pilkada 2024. Nantinya PPS dan PPK tersebut diberikan tugas tambahan untuk membantu KPU dalam penyeleng­garan PSU DPD RI Dapil Sumatera Barat. Sementara itu, KPPS akan ditetapkan pada tanggal 2 Juli dan merupakan KPPS yang bertugas pada Pemilu lalu.

Lanjut Dorri, KPPS yang akan direkrut adalah KPPS yang sama pada pemilu lalu, jadi nanti jika ada ditemukan KPPS yang tidak memenuhi syarat, tidak mau ikut serta dan sudah menjadi anggota TNI atau Polri, maka itu akan digantikan dengan KPPS yang lain.

“Sementara untuk Tempat Pemunggutan Suara (TPS) dan jumlah pemilih masih tetap sama dengan Pemilu 14 Februari lalu. Kota Padang TPS berjumlah 2.681 dan pemilih sebanyak 666.178 pemilih,” ujar Dorri.

Dorri juga menjelaskan, KPU Padang melakukan Rakor adalah sebentuk arahan dari KPU Provinsi Sumbar sebelum dilaksanakannya PSU, Rakor ini guna mengumpulkan semua Stakeholders agar menyam­paikan bahwa KPU akan mengadakan PSU untuk pemilihan DPD di tanggal 13 Juli mendatang.

Harapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) teruta­ma­nya KPU Kota Padang, pelaksaan PSU ini sukses dengan melibatkan semua Stakeholders yang ada di Kota Padang, karena suksenya penyelenggaraan pemilu ini bukan hanya kerja dari KPU dan Bawaslu, akan tetapi suksesnya penyelenggaraan PSU ini juga karena keterlibatan seluruh Stakeholders yang ada di Kota Padang. (fer)

Exit mobile version