Jelang Pilkada Payakumbuh, YB.Dt. Permato Alam dan Ahmad Rida Intens Jalin Komunikasi

BERSAMA— Yb.Dt. Parmato Alam (Balon Wali Kota Payakumbuh) bersama Ahmad Rida di sela-sela kegiatan satu nagari satu Iven, di Kantor KAN Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu (23/6).

PAYAKUMBUH, METRO–Balon Wakil Walikota Payakumbuh, Ahmad Ridha (Rio), mengaku intens melakukan komunikasi dengan Bakal Calon Walikota Payakumbuh, YB. Dt. Permato Alam untuk berkoalisi dalam Pilkada, Kota Payakumbuh yang akan digelar 27 November mendatang.

Komunikasi yang dilakukan tidak saja terkait persiapan Pilkada namun juga terkait Partai Politik pendukung. Mengingat, dalam Pilkada nanti Partai Golkar yang memiliki 4 kursi di DPRD Kota Payakumbuh hasil Pemilu Legislatif (Pileg) lalu, tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Syarat minimal mengusung calon wali kota dan wakil wali kota, parpol memiliki 5 kursi di DPRD Kota Payakumbuh.

“Untuk Pilkada Kota Payakumbuh kami intens melakukan komunikasi dengan  Datuak Permato Alam (Yb. Datuak Permato Alam) untuk sama-sama membangun Payakumbuh kedepannya. Komunikasi intens yang kita lakukan untuk menyamakan persepsi dalam memandang persoalan Payakumbuh dan mencari solusi kedepannya,” ucap Ahmad Rida di sela-sela satu nagari satu Iven, di Kantor KAN Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu (23/6).

Politisi Partai Nasdem itu juga menambahkan bahwa komunikasi intens yang dibangun bersama Politisi Golkar yang juga merupakan mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh itu terkait Partai Politik pendukung nantinya.

“Diluar formalitas sama-sama sebagai anggota DPRD Kota Payakumbuh kami berdua sebagai kader Partai yang berbeda secara emosional juga sangat dekat. Pembicaraan saya dengan Datuak Permato Alam sudah sangat jauh, sebab tak satupun Partai Politik di Payakumbuh yang bisa mengusung sendiri Balon Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh, kita juga komunikasi dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem dan beberapa Partai Politik lainnya, termasuk dengan Partai PBB,” sebut anak Nagari Koto Nan Gadang itu.

Anggota DPRD Kota Payakumbuh dua periode itu juga menambahkan, selain dengan Yb. Dt. Permato Alam, ia juga intens berkomunikasi dengan Bakal Calon (Balon) Walikota Payakumbuh lainnya, yakni Almaisyar.

Sementara Yb. Dt. Permato Alam yang merupakan Balon Walikota tunggal dari Partai Golkar menyebutkan bahwa jauh-jauh hari atau sejak awal ia telah memiliki komitmen dengan Ahmad Rida yang merupakan Politisi Partai Nasdem itu.

“Kami sebetulnya dari awal sudah punya komitmen ya, namun karena kita di Partai punya mekanisme tentu proses akhir yang akan menentukan dari Partai,” ucap YB. Dt. Permato Alam.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Payakumbuh itu juga menambahkan meski nantinya proses akhir ditentukan oleh DPP Partai Politik masing-masing, namun hingga saat ini komunikasi intens masih terus dilakukan.

“Kita siap nantinya lahir batin jika memang perintah Partai dipasangkan/dicalonkan dengan Ahmad Rida. Sebab hingga saat ini komunikasi intens masih terus dilakukan, termasuk hari ini,” tambahnya.

Lebih jauh YB. Dt. Permato Alam juga mengatakan bahwa menghadapi Pilkada nanti ia juga sudah melakukan komunikasi dengan lintas Partai.

“Dengan konkrit kita melakukan komunikasi dengan lintas Partai melalui proses pendaftaran Pilkada, termasuk secara personal. Namun kita tetap ikuti mekanisme masing-masing Partai secara berjenjang,” tutupnya.

Sementara Ketua KAN Koto Gadang, Eldi Datuak Mangkuto Putiah mengaku siap mendukung siapapun Anak Nagari yang maju dalam Pilkada Kota Payakumbuh nantinya.

“Kita sebagai orang yang dituakan di Nagari, tentu mendukung anak Nagari yang maju di Pilkada, sebab semuanya adalah anak kemenakan kita. Kita bersikap netral dan tidak berpihak pada siapapun,” ucapnya.

Namun menurut Datuak Mangkuto Putiah, jika nantinya telah ditetapkan satu (tunggal) anak Nagari yang maju dalam Pilkada Kota Payakumbuh nantinya tentu akan dibicarakan kembali secara bersama.

“Jika nantinya telah ditetapkan satu (tunggal) anak Nagari yang maju dalam PILKADA Kota Payakumbuh nantinya tentu akan dibicarakan kembali secara bersama,” tutupnya. (uus)

 

Exit mobile version