Persiapan Penyelenggaraan Pilkada, KPU Sumbar Gelar Sosialisasi di Daerah Terdampak Bencana

Surya Efitrimen Ketua KPU Sumbar

PADANG, METRO–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Su­matera Barat (Sumbar) menggelar sosialisasi Pil­kada di daerah terdampak bencana.  Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024

Ketua KPU Sumbar Su­rya Efitrimen mengatakan, pihaknya akan melakukakan kegiatan sosialisasi dilakukan di Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Can­duang Kabupaten Agam dan daerah Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar, yang baru-baru di landa bencana berupa banjir ban­­dang dan banjir lahar di­ngin.

Adapun pada kegiatan sosialisasi ini, kata Surya Efitri­men, masyarakat di­berikan informasi terkait tahapan Pilkada, dimana mulai besok akan merekrut Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih), hingga tanggal 19 Juni 2024.

“Petugas Pantarlih akan bekerja mulia 24 Juni hingga 25 Juli 2024 untuk melakukan pemutakhiran data pemilih, pencocokan dan penelitian (coklit), guna memastikan pemilih yang akan memilih pada Pilkada 2024, terutama di daerah terdampak bencana,” katanya.

Selain itu tambahnya, kegiatan ini juga bertujuan menginformasikan taha­pan-tahapan Pilkada lainnya seperti, pencalonan, masa kampanye dan hari pemungutan suara

“Tujuan kegiatan ini selain mengajak masyarakat berpartisipasi, selain memilih juga dapat menjadi jajaran ad hoc seperti menjadi petugas Pantarlih,” imbuhnya.

Selain melakukan sosialisasi, KPU Sumbar juga memberikan sejumlah ban­­tuan kepada warga, rumah ibadah dan sekolah yang terdampak bencana alam yang melanda daerah tersebut pada 12 Mei 2024.

“KPU Sumbar menya­lurkan donasi yang berasal dari teman-teman KPU kabupaten/kota se Sumbar, hal ini sebagai wujud empati kita terhadap saudara-saudara yang tertimpa musibah,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version