Ilham Habibie, Putra Presiden Ke-3 RI B.J. Habibie, Maju di Pilgub Jabar Lewat Nasdem

DUKUNGAN POLITIK— Surya Paloh menyerahkan rekomendasi kepada Ilham Akbar Habibie.

JAKARTA, METRO–Ilham Akbar Habibie, putra Presiden Ke-3 RI B.J. Habibie, bakal meramaikan kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak November mendatang.

Kemarin (6/6) Ilham menerima surat rekomendasi dari Partai Nasdem untuk maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan, pihaknya secara resmi mengusung Ilham Habibie sebagai calon gubernur atau wakil gubernur Jawa Barat. Dia yakin, dengan kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas yang dimiliki, Ilham cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat.

Kehadiran Ilham pada kontestasi pilgub Jawa Barat, kata Paloh, akan memberikan wajah baru dalam kancah perpolitikan. Menurut dia, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi orang-orang muda seperti Ilham untuk memulai karier politik melalui pilkada dan itu baik untuk proses de­mokrasi. “Saya yakin ketika institusi partai politik ini memberikan ruang yang lebih besar, lebih luas kepada anak-anak bangsa, seperti apa yang kita miliki saat ini, yaitu Saudara Ilham Habibie, insya Allah ini memberikan satu pen­cerahan baru,” tuturnya.

Meski sudah memastikan dukungan kepada Ilham, soal posisi sebagai cagub atau cawagub masih akan ditentukan dengan me­lihat situasi pilkada Ja­wa Barat.

Di tempat yang sama, Ilham menuturkan, sebelum menerima rekomendasi tersebut, pihaknya menjalin komunikasi dengan Partai Nasdem secara singkat. Proses komunikasi berlangsung tidak sampai sebulan. “Diskusinya sangat cepat, hanya tiga minggu,” ungkapnya.

Dia menerima tawaran Nasdem untuk maju di pilkada Jabar karena merasa ada kecocokan dari sisi pemikiran. Selain proses komunikasinya cepat, dia juga mengambil keputusan sangat cepat. Sebab, sebulan lalu dia belum mempunyai rencana untuk terjun ke politik.

Terpisah, PDIP tidak mau ketinggalan dalam menghadapi pilkada serentak. Partai berlambang banteng itu sudah mengeluarkan surat tugas kepada sejumlah kader dan mulai mengadakan pelatihan. “Kami juga sudah keluarkan (surat tugas), bahkan sudah dilakukan pelatihan-pelatihan,” kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, kemarin.

Lebih lanjut, politikus asal Jogjakarta itu me­nyam­­paikan bahwa DPP PDIP sudah memberikan surat rekomendasi untuk 70 calon kepala daerah. Di antaranya, untuk pilkada Surabaya, Trenggalek, Ku­tai Kartanegara, dan beberapa daerah lainnya. Daerah lain seperti Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali masih dilakukan pencermatan. (jpg)

 

Exit mobile version