Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta, Gerindra Yakin Golkar Beri Restu

DUKUNGAN— Ridwan Kamil mendapat dukungan dario Partai Gerindra untuk maju di Pilkada Jakarta.

JAKARTA, METRO–Eskalasi politik untuk Pilkada Jakarta 2024 mulai meningkat. Perlahan parpol-parpol di Jakarta mulai memanaskan mesin politiknya. Di antaranya dari Partai Gerindra yang menyatakan mendukung Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon gubernur Jakarta.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dasco meyakini Ridwan Kamil yang merupakan kader dan wakil ketua umum Partai Golkar mendapat restu dari parpolnya. Jadi, Partai Gerindra dan Golkar akan bersama-sama dalam pilkada Jakarta.

“Kami akan sama dan Kang Emil akan maju sebagai calon gubernur Jakarta,” ujar Dasco.

Sebelumnya di tempat lain, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan dukungan politik untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024. Surat rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep kepada Khofifah-Emil di Jakarta, kemarin (4/6).

Khofifah-Emil datang secara terpisah dengan kendaraan masing-masing. Pukul 15.55 WIB, Emil yang mengenakan batik cokelat lebih dulu tiba di kantor DPP PSI di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kemudian, pada pukul 16.05 WIB, giliran Khofifah yang mengenakan jilbab merah dan batik cokelat tiba.

Setelah bertemu dengan jajaran pengurus DPP PSI, Khofifah-Emil yang ditemani Kaesang menemui awak media pada pukul 16.21. Didampingi para pengurus dan dewan pembina PSI, Kaesang mengumumkan penyerahan surat rekomendasi kepada Khofifah-Emil.

Kaesang mengatakan, partainya juga telah meminta para kader PSI mendukung pencalonan Khofifah-Emil. Terutama kader PSI yang juga didorong maju pilkada oleh DPP PSI di sejumlah kabupaten/kota di Jatim. Misalnya, Surabaya, Madiun, Malang, dan Gresik. “Ini adalah sebuah kehormatan buat kami karena Jawa Timur termasuk salah satu daerah yang krusial buat PSI,” ujar Kaesang.

Sementara itu, Khofifah menyatakan berterima kasih atas kepercayaan DPP PSI kepada dirinya dan Emil. Dia juga siap bersinergi dan berkoordinasi dengan kader-kader PSI yang akan bertarung di sejumlah pilkada di Jatim. “Insya Allah semua dalam posisi yang saling bersinergi, saling membangun efektivitas koordinasi,” ujarnya.

Hingga kemarin, Khofifah-Emil telah mendapat rekomendasi secara resmi dari empat partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM). Selain PSI, pasangan petahana itu telah didukung secara resmi oleh Golkar, Demokrat, dan PAN. (jpg)

Exit mobile version