KPU Perkenalkan Si Caro, Maskot Pilgub Sumbar 2024

MASKOT— KPU Sumbar memperkenalkan Si Caro yang akan menjadi maskot Pilgub Sumbar 2024.

PADANG, METRO–Untuk memeriahkan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar memperkenalkan Si Caro sebagai maskot.

Meski telah diperkenalkan pada hari Rabu (24/4), namun maskot akan diluncurkan secara resmi oleh KPU Sumbar pada tanggal 18 Mei 2024 mendatang.

“KPU Sumbar telah menetapkan maskot Pilgub Sumbar Tahun 2024, Rabu (24/4). Mas­kot terpilih untuk Pilgub Sumbar, yaitu Si Caro, karena merupakan salah satu ikon Sumbar atau Minang­ka­bau,­”ujar Komisioner KPU Sumbar, Jons Manedi, Kamis (24/4).

Dikatakannya, Si Caro yang berarti Cadiak Basuaro. Hal ini diambil dari gambar carano dan orang Minang yang pandai basilek layaknya orang Minang yang cadiak pandai.

“Kita sudah menetapkan maskot Pilgub Sumbar 2024 yaitu Si Caro. Nantinya KPU bakal meluncurkan pada 18 Mei 2024 men­da­tang,”sebut­nya.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Hubungan, Partisipasi Masya­rakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Sumbar itu menjelaskan, Si Caro ini merupakan karya dari Zi­kri, warga Kelurahan Lo­long Belanti, Kecamatan Pa­dang Utara, Kota Pa­dang.

“Filosofinya, karena menjelang pemilu seakan kita menjadi pelayan ma­sya­rakat dan ini kuncinya berada di janang atau ma­na­tiang carano untuk me­ng­imbau orang datang sebagai peserta pemilu dan pemilih di pemilu,­”kata­nya.

Menurutnya, maskot Si Caro tersebut sesuai kriteria yang telah disepakati, yaitu memperlihatkan su­dut pandang kepemiluan dan demo­krasi, budaya lokal dan identitas Sumbar, non-partisan, me­narik, ima­ji­natif, inovatif, ramah, modern dan memotivasi untuk mengajak masya­ra­kat menggunakan hak pilih pada Pilkada Sumbar 2024.

“Kami harap dengan dite­tap­kan Si Caro, maskot ini dapat membantu untuk jadi bahan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan menarik minat pemilih untuk hadir di Pilkada Sumbar 2024 menda­tang,”pung­kas­nya. (rom)

Exit mobile version