Logistik Pemilu Datang Lewat Jalur Laut, Surya Efitrimen: Cegah Kendala di Jalan Raya

TINJAU LOGISTIK PEMILU— Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen melakukan peninjauan logistik pemilu 2024 tahap 2 yang sudah tiba di Padang, Selasa pagi (9/1).

PADANG, METRO–Sebanyak 23 kontainer logistik pemilu 2024 berupa surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota untuk Sumbar, bersama dengan logistik lainnya tiba di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Senin (8/1) malam.

Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, ada lima macam surat suara pemilu 2024 untuk KPU Sumbar yang telah tiba di Padang, selain itu ada juga logistik yang berhubungan dengan Daftar Calon Tetap (DCT) dan daftar pasangan calon (DPC) yaitu alat bantu tunanetra.

“Jumlah surat suara PPWP, ka­mi menerima sebanyak 4.­179.­520 lembar, terdiri dari surat suara sesuai DPT sebanyak 4.088.606 lembar, surat suara cadangan 2,5 persen dari basis DPT per TPS sebanyak 89.914, dan surat suara pemungutan suara ulang (PSU) sebanyak 1.000 lembar,” kata Surya Efitrimen.

Selain itu, sebut Surya Efitrimen, pihaknya juga menerima surat suara DPR sebanyak 4.180.520 lembar terdiri dari surat suara sesuai DPT 4.088.606 lembar, surat suara cadangan 2,5 persen dari basis DPT per TPS sebanyak 89.914 lembar, dan surat suara PSU sebanyak 2.000 lembar untuk dua daerah pemilihan (dapil)

Kemudian, juga ada surat suara DPD sebanyak 4.179.520 lembar terdiri dari surat suara sesuai DPT sebanyak 4.088.606, surat suara cadangan 2,5 persen dari basis DPT per TPS sebanyak 89.914, dan surat suara PSU sebanyak 1.000 lembar.

Selanjutnya, surat suara DPRD provinsi sebanyak 4.186.­520 lembar yang terdiri dari surat suara sesuai DPT sebanyak 4.088.606, surat suara ca­dangan 2,5 persen dari basis DPT per TPS sebanyak 89.914 lembar, dan surat suara PSU sebanyak 8.000 lembar untuk de­lapan daerah pemilihan (da­pil).

“Lalu ada juga surat suara DPRD masing-masing kabupaten kota sebanyak 4.253.520 lembar yang terdiri dari surat suara sesuai DPT sebanyak 4.088.606 lembar, surat suara cadangan 2,5 persen dari basis DPT per TPS sebanyak 89.914, dan surat suara PSU sebanyak 75.000 lembar untuk total 75 daerah pemilihan (dapil),” ucap Surya Efitrimen.

Dijelaskan oleh Surya Efitrimen, pengiriman logistik Pemilu tahun 2024 ini dilakukan melalui jalur laut tidak seperti pada Pemilu 5 tahun yang lalu yang pengirimannya melalui jalur darat.

“Pengiriman melalui jalur laut ini agar mencegah kendala di jalan raya misalnya keter­ba­­tasan bahan bakar minyak (BBM) bagi truk yang me­ng­ang­kut,”ungkap Surya Elfitrimen.

Surya mengatakan, pihak ekspedisi melakukan pengiriman melalui jalur laut dengan pertimbangan lebih praktis dan ekonomis. Selain itu, pengiriman surat tersebut juga bertepatan dengan momentum libur Natal dan Tahun Baru 2024. “Jadi salah satu antisipasi yang dilakukan pihak ekspedisi ialah dengan mengirim surat suara via jalur laut dengan kontainer,” kata dia.

Dilanjutkan oleh Surya Efitrimen, Selasa pagi hingga siang, 18 dari 23 kontainer logistik yang tiba ini, didistribusikan KPU Sumbar menuju gu­dang logistik KPU di 11 kabupaten kota. Proses distribusi surat sua­ra ini dikawal pihak kepolisian dari Polda.

“Sedangkan, sisa lima kontainer lainnya, dikirim menuju gudang PT Kontindo Jaya di Jalan By Pass Ampalu, Padang, sebagai lokasi gudang stripping atau dibongkar untuk dilakukan pemisahan per kabupaten kota karena kontainer dimaksud terdiri dari surat suara untuk beberapa kabupaten kota,”kata Surya Efitrimen.

“Adapun sisa surat suara untuk tujuh kabupaten kota lainnya diperkirakan datang di Pelabuhan Teluk Bayur pada Jumat (12/1),” ungkap Surya Efitrimen lagi.

Untuk diketahui surat suara yang didistribusikan pada KPU kabupaten kota antara lain pada Sesi 1 Selasa pagi-siang (9/1), 4 kontainer menuju Gu­dang Logistik KPU Kota Padang.

2 kontainer menuju gudang logistik KPU Kota Solok dan KPU Kabupaten Solok, 2 kontainer menuju gudang logistik KPU Kabupaten Pesisir Selatan, 2 kontainer menuju gudang logistik KPU Kabupaten Padangpariaman, dan 3 kontainer menuju gudang stripping.

Dan pada sesi ke 2 Selasa malam (9/1), 1 kontainer menuju gudang logistik KPU Kabupaten Sijunjung, 1 kontainer menuju gudang logistik KPU Kabupaten Solok Selatan, 1 kontainer menuju gudang logistik KPU Kabupaten Tanahdatar, 2 kontainer menuju gudang logistik KPU Kabupaten Agam, 2 kontainer menuju gudang logistik KPU Kabupaten Pasaman Barat, 1 kontainer menuju gudang logistik KPU Kabupaten Limapuluh Kota, 2 kontainer menuju gudang stripping. (fer)

Exit mobile version