Ubah Tata Panggung, KPU akan Sediakan Podium Pada Debat Capres-Cawapres

PASANGAN CALON— Tiga Paslon Capres-Cawapres usai pengambilan nomor urut.

JAKARTA, METRO–KPU mengubah tata panggung debat Pilpres 2024. KPU menyatakan ada podium bagi cawapres di panggung debat.

“Jadi mulai debat kedua sampai terakhir masing-masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana begitu,” ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/12).

Dia mengatakan podium akan terus disiapkan untuk setiap kandidat da­lam debat kedua hingga kelima. Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari hasil evaluasi bersama.

“Untuk cawapres maupun capres selanjutnya melakukan kampanye me­la­lui metode debat ini. Kalau kemarin kan sama se­kali tidak ada podiumnya, nanti akan pakai podium,” ujarnya.

Sebagai informasi, KPU tidak menyiapkan podium pada debat Pilpres pertama yang diikuti tiga capres. Para capres hanya berdiri di panggung saat memaparkan visi misi maupun tanya jawab.

Komisioner KPU August Mellaz sebelumnya mengikuti rapat bersama tiga tim pasangan calon, Sabtu (16/12). Mellaz mengatakan lokasi debat ca­wapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

“Venue sudah ada. Iya (di JCC),” kata Mellaz saat ditemui di gedung KPU, Jakarta Pusat.

Mellaz juga mengatakan bahwa format debat nantinya akan sedikit berbeda dengan debat sebelumnya. Pada debat ca­wapres mendatang bakal mengusung format semi town hall.

“Formatnya sih bisa di­sebut semi town hall. Kan ka­lau di KPU (saat debat ca­pres sebelumnya) kan memang posisinya melingkar, kalau yang besok semi town hall,” ujarnya. (*/rom)

 

Exit mobile version