Menu

Politani dan Pemko Payakumbuh Bersinergi dan Edukasi Usaha Jamur Tiram

  Dibaca : 215 kali
Politani dan Pemko Payakumbuh Bersinergi dan Edukasi Usaha Jamur Tiram
PEMBINAAN— Tim Politani bersama Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha jamur tiram.

TIGOKOTODIBARUAH, METRO
Mengabdi tiada henti. Itulah yang dilakukan Payakumbuh untuk mengedukasi masyarakat pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Payakumbuh. Senin (1/11), kemarin Politani bersinergi dengan Pemerintah Kota Payakumbuh, menyasar sektor usaha Jamur Tiram.

Usaha Jamur Tiram di Kota Payakumbuh tumbuh subur. Bahkan, Payolinyam, Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, Kecamatan Payakumbuh Utara, dijuli sebagai Kampung Jamur Tiram di Kota Payakumbuh. Dimana hampir 90 persen masyarakatnya melakukan bubidaya Jamur Tiram kurang lebih 110 rumah yang deregister atau diberi stiker penanda sebagai pembudidaya Jamur Tiram.

Selain Jamur Tiram segar, masyarakat juga menjual bibit atau baclok, dan aneka olahan Jamur juga sudah banyak diproduksi oleh masyarakat Petani Jamur. Budidaya jamur, selain menghasilkan keuntungan finansial, dengan pengelolaan yang serius dan intens bisa mendatangkan keuntungan per siklus Jamur, menyerap tenaga kerja dan menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru terutama dibidang olahan Jamur Tiram.

Komoditas Jamur memiliki prospek yang baik, selain pasarnya luas juga pengembangan produknya sangat beraneka ragam. Dalam rangka pengenekaragaman produk olahan Jamur Tiram atau yang dikenal dengan diversifikasi, Politani hadir kembali di Kampung Jamur Tiram yang diketuai oleh Mutia Elida bersama TIM, Neni Trimedona, Rozi Satria Utama dan Rahzarni untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat petani Jamur Tiram.

“Keberhasilan suatu pemberdayaan ditentukan oleh partisipasi masyarakat terutama dibidang sciences (wawasan keilmuan), skill (keterampilan, keahlian), knowledge ( pengetahuan), dan yang tak kalah penting adalah soft skill dalam berusaha,” sebut Ketua Tim Edukasi dari Politani Payakumbuh Mutia Elida, disela-sela kegiatan kepada Wartawan.

Disampaikan Mutia, bila kegiatan diversifikasi berjalan dengan beriringan dapat mencegah tekanan atau ancaman pihak lain, baik secara internal maupun secara eksternal. Keberhasilan dalam pemberdayaan sangat dipengaruhi oleh keinginan dan kehendak masyarakat untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan suatu kegiatan yang hasilnya lebih menguntungkan.

Menurutnya, semua faktor di atas sudah dimiliki oleh masyarakat kampung Jamur Tiram, tinggal bagaimana Tim dari Politani dan Pemerintah Kota Payakumbuh memoles sedikit saja, dan jadilah. “Kali ini kembali lagi kami hadir di tengah masyarakat untuk mentransfer produk baru ke masyarakat yaitu berupa snack sederhana dan bergensi dari jamur tiram yaitu Stick Jamur Tiram. Teknologi Tepat Guna dan tepat sasaran selalu menjadi andalan sehingga mudah diaplikasikan oleh masyarakat,” ucapnya.

Mutia juga menyebut dan berharap konsumen olahan Jamur Tiram semakin bertambah karena selain bergizi, jamur juga enak dan lezat. Jamur dapat dibuat menjadi berbagai macam jenis makanan seperti stick. “Perpaduan antara gurihnya jamur dengan keju akan memberikan sensasi rasa tersendiri, anda penasaran ? sialakan datang ke Kampung Jamur Tiram,” sebut Mutia.

Wakil Wali Kota Payakumbuh H Erwin Yunaz beserta rombongan dari Dinas Pertanian, Camat Payakumbuh Utara, Lurah Tigo Koto Dibaruah, berkesempatan hadir dan memberikan semangat dan pengarahan pada masyarakat terkait pengolahan Jamur Tiram dan untuk selalu fokus kepada “one village one produk”.

“Untuk pengembangan ke depannya baik itu yang terkait dengan legalitas, dan kemasan yang menarik pemerintah bersama Dinas terkait akan menfasilitasinya agar semakin banyak ragam olahan Jamur Tiram Kota Payakumbuh. Jangan khawatir dengan pasar karena kita yang akan membentuk dan menciptakan pasar dan untuk itu tetap semangat dimasa pandemi,” ucap Erwin Yunaz yang sangat konsen dengan pembinaan UMKM masyarakat Payakumbuh kedepan. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional