Close

Polda Sumbar Perpanjang Penyekatan di Perbatasan sampai 31 Mei

Kombes Pol Satake Bayu S Kabid Humas Polda Sumbar

PADANG, METRO–Polda Sumbar me­mas­tikan pos penyekatan per­batasan de­ngan provinsi tetangga kembali di­per­panjang. Perpanjangan itu dilakukan sesuai dengan pe­rintah Kapolri untuk me­nekan penyebaran Covid-19.

Kabid Humas Polda Sum­bar, Kombes Pol Sa­take Bayu Setianto me­ngatakan, perpanjangan masa penyekatan per­ba­tasan ini masuk dalam Ke­giatan Rutin Yang Di­ting­­kat­kan (KRYD).

“Pos penyekatan yang ada di perbatasan Sumbar masa berla­kunya diper­pan­jang lagi. Mulai tanggal 25 hingga 31 Mei 2021,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Sa­take Bayu Setianto, Se­lasa (25/5).

Perintah perpanjangan pos penyekatan itu ter­tuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor:STR/408/V/PAM.3.2./2021 tang­gal 23 Mei 2021. “Juga Surat Edaran dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19,” ujarnya.

Selama masa perpan­ja­ngan itu, pengendara yang melintasi pos penye­katan harus menunjukkan surat keterangan hasil ra­pid tes antigen dan mema­tuhi protokol kesehatan.

“Mari kita cegah dan tekan bersama penyeba­ran Covid-19 ini dengan selalu mematuhi protokol kesehatan. Dengan diper­panjangnya masa penye­katan di perbatasan ini, tentunya sanksi putar balik masih tetap diberlakukan,” katanya.

Seperti diketahui. per­pan­jangan kali ini meru­pakan yang kedua kalinya dilakukan oleh Polda Sum­bar. Sebelumnya penyeka­tan di perbatasan Sumbar sudah diperpanjang dari tanggal 18 hingga 24 Mei 2021.

Sebelumnya, Polda Sum­bar mendirikan 10 pos penyekatan awal berla­kunya larangan mudik. Pos tersebut berada di daerah perbatasan antara Sumbar dengan Provinsi tetangga.

Di antaranya yaitu pos sekat Muaro Cubadak, Ke­camatan Rao perbatasan dengan Sumatra Utara. Pos sekat Mapattunggul, Kecamatan Mapat Tunggul berbatasan dengan Pro­vinsi Riau. Pos Sekat Pro­vinsi (Kampung Baru, Na­gari Bantahan, Kecamatan Rabat).

Kemudian pos sekat Pangkalan berbatasan de­ngan Provinsi Riau. Pos sekat Silaut, Kecamatan Silaut berbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Ka­bupaten Mukomuko.  Se­lan­jutnya, pos Sekat Sako, Kecamatan Rahul Tapan berbatasan dengan Pro­vinsi Jambi, Kabupaten kota Madya Sungai Penuh Kerinci. Pos sekat JTO Ka­mang perbatasan den­gan Provinsi Riau.

Berikutnya pos Sekat Simalidu berbatasan de­ngan Provinsi Jambi. Pos sekat Sungai Rumbai ber­batasan dengan Kabupa­ten Muaro Bungo, Provinsi Jam­bi.  Terkahir, pos Sekat Provin­si Kubang Gajah Per­­batasan dengan Kabupaten Solok Selatan dengan Ka­bupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Apabila pengendara tidak memenuhi syarat maka akan dipaksa putar balik. Terdapat syarat ter­tentu bagi pengendara yang diperbolehkan lewat di antaranya harus surat rapid tes antigen bagi yang masuk. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top