Menu

Polda Sumbar Peduli Lingkungan Tanam 10.000 Mangrove, Kapolda Ajak Warga Jaga Lingkungan Hidup

  Dibaca : 551 kali
Polda Sumbar Peduli Lingkungan Tanam 10.000 Mangrove, Kapolda Ajak Warga Jaga Lingkungan Hidup
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto bersama Ketua Bhayangkara Sumbar Ny Yesika Toni dan jajaran berfoto bersama saat penanaman mangrove di Pantai Tiram..

PEDULI terhadap lingkungan, Polda Sumbar melaksanakan kegiatan penanaman pohon 10.000 mangrove (bakau) yang dipusatkan di Pantai Tiram, Korong Tiram Nagari Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Jumat (21/2). Penanaman mangrove juga dilaksanakan di Kabupaten Agam, Mentawai, Pasaman Barat, dan Pesisir Selatan.

Penanaman pohon dilakukan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan Ketua PD Bhayangkari Ny Yesika Toni diikuti diikuti Irwasda Kombes Pol. Kasihan Rahmadi, Karo Ops Kombes Firly, para pejabat utama (PJU), Kadis Kehutanan Sumbar, Forkopimda Padang Pariaman, Dandim 0308 Padang Pariaman serta Wakapolres Padang Pariaman bersama pengurus Bhayangkari.

“Kita secara serentak melakukan penanaman pohon mangrove di seluruh Indonesia. Hutan mangrove memiliki peran ekologis yang sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga harus dilestarikan,” kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto.

Irjen Pol Toni menjelaskan, di Sumbar, pihaknya melakukan penanaman mangrove sebanyak 10 ribu batang, yang ditanam di beberapa lokasi di Wilayah Hukum Polda Sumbar. Kegiatan ini salah satu bentuk penghijauan yang dilakukan oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia.

“Selain untuk penghijauan, pohon magrove ini juga memberikan banyak manfaat, yaitu untuk antisipasi dampak abrasi terhadap daerah di pinggir pantai dan mengantisipasi pemanasan global,” ungkap Irjen Pol Toni Harmanto,

Selain itu lanjut, Irjen Pol Toni Harmanto mangrove ini juga sangat bermanfaat untuk tempat hidup udang, ikan dan kepiting sehinga ekosistem hayati tetap terjaga. Tentu ini akan sangat baik untuk ekosistem laut yang mungkin selama ini mulai berkurang.

“Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah memelihari kelestarian lingkungan hidup kita, serta memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan kita, agar tetap lestari, khususnya di daerah pesisir,” ujarnya.

Irjen Pol Toni Harmanto menegaskan, ke depan jajaran Polri akan bekerjasama dengan masyarakat untuk menjaga bakau yang telah ditanam, agar bakau ini bisa hidup dan berkembang di wilayah tersebut.“Kegiatan ini akan kami lakukan secara berkelanjutan. Penanaman pohon mangrove akan terus digalakkan sehingga jangka panjangnya juga berdampak menumbuhkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sebelum memulai kegiatan, Kapolda Sumbar memimpin apel memberikan arahan kepada personel agar menjaga kelestarian lingkungan. Kapolda juga memberikan edukasi tentang kepedulian terhadap lingkungan kepada pelajar SDN 15 Ulakan Tapakis, kemudian dilanjutkan penanaman pohon Mangrove (bakau) di teluk belakang bibir pantai Tiram. “Penanaman sebanyak lebih kurang 10.000 batang pohon pada area seluas lebih kurang 20.000 meter pesegi dilakukan Polda Sumbar,” pungkas Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional