Close

Polda Sumbar Berduka, Wadirreskrimum AKBP Muchtar Siregar Meninggal

MENINGGAL— Wadirreskrimum Polda Sumbar AKBP Muchtar Siregar meninggal dunia.

PADANG, METRO–Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadir­reskrimum) Polda Sumbar, AKBP Muchtar Siregar ditemukan oleh anggotanya da­lam kondisi me­ninggal dunia di kamar mandi di Penginapan Is­tiqamah, Pasa­man Barat, Ka­mis (17/11) seki­tar pukul 11.00 WIB.

Diketahui, per­wira me­nenga jebolan Akademi Ke­po­lisian (Akpol)  1996 itu berada di Pasaman Ba­rat untuk men­jalankan tugas dari Kapolda Sum­bar Irjen Pol Suharyono. Jenazah almarhum kemudian dibawa ke salah satu rumah sakit di Pasaman Barat.

Selanjutnya, jenazah almarhum dibawa ke Polda Sumbar untuk disem­ayamkan di Masjid Ar-Rahman dan kemudian pada Jumat (18/11) pagi, jenazah akan diterbangkan langsung ke kediamannya di Kalimantan Selatan dan dikebumikan di sana.

“Kita mendapat kabar almarhum ditemukan me­ninggal dunia di dalam kamar mandi oleh anggotanya sendiri. Almarhum berada di Pasaman Barat mendapat tugas dari Ka­polda Sumbar,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, Kamis (17/11).

Kombes Pol Dwi menuturkan, jenazah almarhum sebelum diterbangkan ke kediamannya di Kalimantan Selatan akan disema­yamkan dulu di Masjid Ar-Rahman Polda Sumbar. Selama di masjid Polda Sumbar, para pejabat utama akan melaksanakan yasinan.

“Nanti habis magrib kita langsung melakukan yasinan yang dipimpin oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono dan juga dihadiri oleh para pejabat utama, besok paginya Kapolda melepaskan jenazah untuk diantarkan ke kediamannya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM),” ujar Kombes Pol Dwi.

Kombes Pol Dwi mengungkapkan, diduga almarhum meninggal dunia terjatuh di dalam kamar mandi di penginapan tersebut.  “Kita belum mengetahui apakah almarhum mempunyai rekam medis ataupun penyakit. Yang jelas kita akan menyemayamkan jenazah dan langsung dikirim ke kediamannya,” katanya.

AKBP Muchtar Siregar pertama kali berdinas di Polda Sumbar tahun ý2017 dengan jabatan Wadirreskrimum. Hingga saat ini almarhum masih dengan jabatan yang sama. Sepanjang berdinas di Polda Sumbar, almarhum telah banyak mengungkap sejumlah kasus besar, seperti, prostitusi online di bawah umur dan mafia tanah.

Sementara teman satu leting almarhum AKBP Muchtar Siregar, Kombes Pol Pýetrus Kanisius mengatakan mengaku sangat kehilangan dengan me­ninggalnya almarhum. Me­nurutnya, selama pendidikan di Akpol hingga berdinas, almarhum terkenal humoris, loyal dan suka bantu teman.

“Kita dari alumni Akpol 1996 akan mengantar almarhum ke Banjarmasin yang diwakili Direktur Samapta Polda Sumbar, Kombes Pol Achmadiý. Saya mendapatkan informasi meninggal dunianya almarhum dari istri saya yang mendapatkan kabar dari istri Dirreskrimum. Setelah itu saya langsung cek dan jenazah sudah berada di rumah sakit. Kami dari alumni merasa kehilangan sosok yang humoris dan peduli terhadap teman, semoga almarhum diterima di sisi tuhan,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Kombes Pol Achmadi, yang juga merupakan teman satu leting almarhum. Ia menyebut, dirinyalah yang langsung mengantarkan jenazah almarhum ke kediamannya setelah disemayamkan di Masjid Ar-Rahman Polda Sumbar.

“Saya mendapatkan informasi almarhum jatuh di dalam kamar mandi, saat penyakit jantungnya kumat. Almarhum mempunyai riwayat penyakit jantung, almarhum sering berobat semasa hidupnya,” ujar Kombes Pol Achmadi.

ýKombes Pol Achmadi mengatakan, untuk mengantar jenazah dirinya langsung ke kediaman almarhum yang mewakili alumni. Sementara yang menyambut kedatangan je­nazah di Banjarmasin juga alumni Akpol 1996.

“Jadi perwakilan alumni Akpol 1996 ini di sini yang mengantarkan, yang menerima jenazah alumni yang berdinas di Polda Kalimantan Selatan,” tutupnya. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top