Close

Pola Fikir dan Pola Kerja Baru, Eka Putra: Kantor Baru harus Diisi dengan Semangat

PERESMIAN KANTOR BARU—Bupati Eka Putra resmikan pemakaian Kantor Wali Nagari Padang Laweh Malalo.

TANAHDATAR, METRO–Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM meresmikan pemakaian kantor wali nagari Padang Laweh Malalo, sekaligus menghadiri pengukuhan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) nagari Padang Laweh Ma­lalo, Sabtu (21/1) yang dilaksanakan secara bersamaan di Gedung Serbaguna SMPN 2 Batipuh Selatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Nagari Pa­dang Laweh Malalo beserta seluruh masyarakatnya yang telah mempersiapkan kegiatan ini sehingga berjalan sukses.

“Selamat atas telah diresmikannya kantor wali nagari Padang Laweh Ma­lalo yang baru. Tentunya dengan kantor yang baru juga harus diisi dengan semangat baru, pola pikir baru, pola kerja baru untuk kemajuan nagari ke depan, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik. Satu hal yang perlu diingat, kita ini pela­yan masyarakat maka be­rikanlah pelayanan yang maksimal,” kata Eka Putra.

Sementara terkait de­ngan pengukuhan pengurus KAN nagari Padang Laweh Malalo, Bupati Eka Putra atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat dan berharap kepada angku-angku, niniak mamak yang baru dikukuhkan mampu mengemban amanah dengan baik dan penuh rasa tanggung ja­wab.

“Dengan telah dikukuhkannya angku-angku ni­niak mamak sebagai pengurus KAN, kami berharap ke depan KAN dan bundo kanduang nagari Padang Laweh Malalo ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari terutama dalam bi­dang adat yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat,” harap Bupati.

Dikatakan Eka Putra, anggota KAN merupakan seorang panggulu yang telah dipilih oleh anak kemenakannya. “KAN itu fung­s­inya diibaratkan ‘Hari paneh tampek balinduang, hari hujan tampekbataduah, kapai tampekbatanyo, kapulang bakeh babarito, kusuik nan kamanyalasaian, karuah nan kamampajaniah, tabanam nan kamanyilami, hanyuik nan kamalintehi, singkek nan kamauleh, senteangnan kamambilai,” ujarnya

Lebih jauh disampaikan Bupati, peran dan fungsi KAN terhadap anak kemenakannya dimanifestasikan dalam ungkapan a­dat ‘kayu gadang dita­ngah padang, batangnyo tampek biasanya, kayunyo tampek baselo, daunnyo tampek balinduang’. “Ar­tinya, ni­niak mamak merupakan pe­mimpin yang me­­nga­yomi, membim­bing, me­ngarahkan dan mengatur anak kemenakannya da­lam segenap aspek kehidupan,” terang Bupati Eka.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Eka Putra meng­harapkan seluruh masyarakat nagari Padang Laweh Malalo baik yang diranah maupun yang di­rantau dan segenap unsur yang ada didalam nagari semakin kompak dalam melaksanakan pemba­ngu­nan di nagari untuk mewujudkan kesejahteraan ma­syarakatnya.

“Mari kita ciptakan situasi yang kondusif, sehingga kita dapat beraktivitas dengan nyaman dan da­pat melahirkan ide-ide, inovasi-inovasi untuk kesejahteraan masyarakat,” pung­kasnya.

Wali nagari Padang La­weh MalaloAkhyari Dt. Talarangan berharap dengan telah diresmikannya kantor wali nagari yang baru diharapkan sistem peme­rintahan di nagari akan semakin baik dan ke depan pelayanan terhadap ma­syarakat juga semakin mak­simal sehingga nagari Padang Laweh Malaloakan semakin maju dan mandiri.

Selain itu, Dia juga me­nyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini terutama kepada unsur pemuda dan bundo kanduang. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top