Menu

Pol PP Dibekali Cara Bantu Warga saat Bencana

  Dibaca : 283 kali
Pol PP Dibekali Cara Bantu Warga saat Bencana
PELATIHAN BONGKAR PASANG— Personel Pol PP diberi materi penyelamatan di sungai maupun di darat, yakni pelatihan bongkar pasang tenda serta teknik evakuasi korban. (Ade syafputra/posmetro)

RIMBO KALUANG, METRO – Personel Satpol PP Padang mengikuti pelatihan Penanggulangan Bencana dan SAR, Senin (25/11). Kegiatan itu untuk meningkatkan kewaspadaan serta menambah pemahaman petugas terhadap risiko bencana.

Masing-masing personel harus diberi perbekalan terkait penanggulangan bencana, mengingat Kota Padang rawan terhadap ancaman bencana.

“Kota Padang adalah ‘supermaket bencana. Oleh karena itu setiap kita harus diberi pemahaman terhadap risiko bencana, baik kita sebagai petugas maupun sebagai masyarakat, karena saat bencana kehadiran petugas sangat dibutuhkan,” ungkap Kasat Pol PP Kota Padang, Al Amin.

Ada sekitar 100 personel dibekali pelatihan bencana yang dilakukan selama lima hari tersebut.

“Kita berharap dengan pelatihan ini, ketika ada bencana, petugas Pol PP bisa membantu warga dengan cepat dan korban bisa diminimalisir,” ujar mantan Kabag Kesra Padang ini.

Untuk materi terhadap seluruh peserta, diantaranya tentang penyelamatan di sungai maupun di darat. Di darat, masing-masing personel juga dilengkapi alat pelatihan bongkar pasang tenda serta teknik evakuasi korban. Sedangkan untuk penyelamatan di sungai dilatih cara pengoperasian boat sebagai water rescuer juga diberikan.

“Diharapkan dengan pelatihan ini kedepan masing-masing personil mampu dan siap terhadap risiko. Meski kita tidak mengharapkan bencana itu terjadi, namun kewaspadaan itu penting,” ungkap Al Amin. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional