Close

Poktan Ganto Sori Kembangkan Pertanian Organik, Solusi Keterbatasan Pupuk Kimia Bersubsidi

PANEN PADIK— Kepala Dinas Pertanian Agam, Afniwirman saat mengikuti panen padi yang dilakukan oleh kelompok nani Ganto Sori Matur Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Senin (12/9).

AGAM, METRO–Peningkatan produksi padi tidak harus bergantung pada pupuk kimia bersubsidi, yang dibuktikan Kelompok Tani (Poktan) Ganto Sori Matur Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.

Kelompok yang berlokasi di Jorong Padang Galanggang itu, menerapkan pertanian organik pa­da tanaman padinya. Kelompok Tani Ganto Sori melakukan panen padi organik dengan varietas ku­suik putiah, di lahan salah seorang anggota kelompok tani itu, Yusni.

Dari panen padi organik itu, hasil ubinannya mencapai 6,3 ton per hektar, meningkat dibanding periode sebelumnya.

Kepala Dinas Pertanian Agam, Afniwirman mendukung petani dalam me­ngembangkan padi organik ini. “Apalagi ke de­pan, ketersediaan pupuk kimia bersubsidi semakin ter­batas,”ujar Afniwirman, Senin (12/9)

Menyikapi hal itu katanya, solusi yang harus diambil adalah menerapkan pertanian organik, dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar untuk diolah jadi pupuk dan pestisida nabati. “Ini namanya bertani dengan cerdas,”se­butnya.

Dengan pertanian organik ini, menurutnya dapat mengurangi ketergantungan petani pada pupuk kimia, serta mengurangi biaya produksi. “Jika biaya produksi berkurang, tentu petani akan mendapat untung lebih dari hasil per­taniannya,”kata Afniwirman.

Untuk itu, ia mengajak petani untuk mengembangkan pertanian organik, supaya lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pupuk dan pestisida, ramah lingkungan, biaya produksi rendah, serta hasil panen lebih sehat dikonsumsi. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top