Menu

Pokja Pasar Sehat, Pedagang Diedukasi Penerapan Protokol Covid-19

  Dibaca : 163 kali
Pokja Pasar Sehat, Pedagang Diedukasi Penerapan Protokol Covid-19
Arnel, Kepala Bidang Pasar Kota Payakumbuh

IBUAH, METRO
Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pasar Sehat Kota Payakumbuh, Dedi Hendri, menyebut terus melakukan edukasi kepada pedagang Pasar di Payakumbuh terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid-19.

“Kami ada perwakilan pedagang Sayur, Ikan Basa, Ikan Kariang, Daging dan pasa kaget, jadi kerjasama dengan ketua perwakilan pedagang mengedukasi pedagang terkait penerapan protokol covid-19,” ucap Dedi Hendri, menyikapi penerapan protokol covid-19 di Pasar Ibuah Payakumbuh.

Selain edukasi terkait penerapan protokol kesehatan seperti wajib pakai masker dan cuci tangan, disampaikan Dedi Hendri, pihaknya juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Payakumbuh sebagai langkah antisipasi terkait penularan covid-19.

Langkah antisipasi penularan covid-19 ini sebenarnya dikatakan Dedi Hendri, sudah dilakukan sejak Maret 2020 lalu. “Pada saat informasi covid-19 sedang hangat-hangatnya saya sudah melakukan aksi membagi 1000 masker kepada pedagang. Dan setelah itu kami terus melakukan kegiatan pencegahan termasuk menyemprotkan disinfektan,” sebut Dedi Hendri.

Kepala Bidang Pasar Kota Payakumbuh, Arnel, menyampaikan terimakasih kepada Pokja Kota Sehat dan elemen pegadang pasar yang komit dengan penerapan protokol covid-19. Sehingga, pedagang dan pengunjung pasar wajib menerapkan protokol covid-19 terutama menggunakan masker dan cuci tangan pakai sabun.

“Terkait dengan adanya Perda propinsi yang mengatur sanksi terhadap pelanggar protokol covid-19, kita tindak lanjut dengan menyurati ketua-ketua pedagang untuk mengingatkan agar patuhi protokol kesehatan, setelah itu kita akan turun langsung razia. Dan kita ucapkan terimakasih kepada pedagang dan petugas pokja Kota sehat,” tutur Arnel.

Disampaikannya, dengan kerjasama seluruh elemen pedagang di Pasar Payakumbuh termasuk Pokja Pasar Sehat Payakumbuh, dihaharapkan jangan sampai ada yang terkena dampak dari covid-19 yang sedang marak saat ini.

“Dengan kerjasama seluruh elemen pedagang, pokja pasar sehat kita harapkan jangan sampai ada yang terkena dampak di pasar. Dan kita terus rutin melakukan penyemprotan disinfektan di pasar Payakumbuh sebagai antisipasi penyebaran covid-19 ini,” ucap Arnel.

Dirinya menyebut, terkait adanya seorang tenaga harian lepas (THL) kebersihan pasar yang positif covid-19, dikatakan Arnel, sebelum dinyatakan positif yang bersangkutan NS (32) sudah melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal ini dilakukannya, karena ada salah seorang tetangga rumahnya yang positif covid-19.

“Semenjak Sabtu (5/9) dia sudah off bekerja, karena memang ada orang disebelah rumahnya yang positif covid. Dan pada Senin (7/9) dilakukan swab sampai keluar hasil swab yang menyatakan dia positif, dan sudah isolasi di peternakan. Karena kita pengelola kepentingan publik, kita sangat hati-hati, bahkan dulu jika ada warga Kita yang mengantar orang rumah sakit kita langsung cek dulu kesehatannya,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan, sejak dirinya melakukan isolasi mandiri, tidak pernah lagi melakukan kontak dengan petugas dan pedagang di Pasar. “Apalagi kerjanya sendiri-sendiri, karena sif kerjanya mulai pukul 18.00 malam sampai selesai, artinya dirinya bekerja setelah pedagang pulang karena dia bagian kebersihan,” ucap Arnel. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional