Close

Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga, Evakuasi sempat Terkendala Akses di Kota Padang

EVAKUASI— Tim TRC BPBD Padang melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga di di Kelurahan Bukit Gado-Gado Kota Padang Jumat (20/5)

PADANG, METRO–Satu unit rumah warga di Kelurahan Bukit Gado-Gado Kota Padang, Sumatera Barat tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang yang terjadi pada Jumat pagi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Basril di Padang, Jumat (20/5) mengatakan, pohon tum­bang itu diakibatkan hujan yang disertai angin kencang dan menimpa ru­mah milik Pahrizal (46).

“Ini jenis pohon jambu dengan diameter 65 sen­ti­meter dan tinggi sekitar 15 meter,” kata dia.

Bangunan yang tertimpa adalah rumah semi permanen milik Pahrizal yang sehari-hari bekerja seba­gai buruh lepas dan kerugian dialaminya sekitar Rp5 juta.

Ia mengatakan pihaknya mengirim 10 personel untuk melakukan evakuasi dan memotong pohon ter­sebut namun terkendala karena sulitnya akses ke lokasi kejadian.

“Personel harus berjalan kaki menuju lokasi sekitar 15 menit sebelum melakukan evakuasi pembersihan,” kata dia.

Menurut dia untuk me­lakukan evakuasi pohon tumbang, 10 personel ini bekerja hingga 1,5 jam dan akhirnya berhasil mem­bersihkan pohon ka­yu dari rumah warga yang tertimpa.

“Alhamdulillah evakuasi pohon sudah selesai dan kami mengimbau agar ma­syarakat selalu waspada di saat terjadi hujan dengan angin kencang,”kata dia.

BPBD mengimbau ma­sya­rakat agar jangan keluar rumah atau berlindung jika terjadi hujan yang disertai angin kencang dan menjauh dari batang pohon, papan reklame dan lainnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top