Menu

PNS Profesional Kuasai Tugas dan Fungsinya di Padangpariaman

  Dibaca : 52 kali
PNS Profesional Kuasai Tugas dan Fungsinya di Padangpariaman
PEMBUKAAN—Bupati Suhatri Bur dalam acara pembukaan pembekalan dan pelatihan dasar CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman tahun 2021.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan Pegawai Negeri Sipil yang profesional adalah PNS yang menguasai dan memahami bidang tugas dan fungsinya. “Mereka para PNS tersebut memiliki etika dan tanggung ja­wab dalam bekerja,” kata  Suhatri Bur dalam acara pembukaan pembekalan dan pelatihan dasar CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman tahun 2021.

Tema latsar CPNS ge­lombang I ini adalah melalui pelatihan dasar CPNS diwujudkan sumber daya manusia yang profesional.

Suhatri Bur berpesan ke­pada peserta latsar ge­lom­bang I ini agar serius me­ngikuti latsar karena untuk jadi pegawai negeri sipil, pa­ra CPNS harus lulus pembe­kalan dan pelaksanaan pelatihan dasar CPNS terlebih dahulu sebelum lanjut kepada tahapan selanjutnya.

“Kepada seluruh CPNS diharapkan harus memahami regulasi terkait manajemen kepegawaian, karena apabila CPNS melanggar aturan yang ada, tidak mustahil akan diberhentikan dari CPNS dan gagal menjadi pegawai negeri sipil,” ujar Bupati

Suhatri Bur me­nam­bah­kan sebagai calon PNS, tugas dan fungsi aparatur harus paham setelah nanti aktif bekerja di organisasi perangkat daerah terkait, selalu tingkatkan kualitas diri untuk perbaikan SDM karena hal itu juga akan berdampak kepada kualitas Sumber Daya Manusia Pemerintah Kabupaten Padangpariaman.

Ciri-ciri SDM yang pro­duktif yang dapat berguna untuk kepentingan organisasi menurut Suhatri ha­rus memiliki percaya diri, mempunyai rasa tanggung jawab, memiliki rasa cinta terhadap pekerjaannya, mempunyai pandangan jauh kedepan dan mam­pu menyelesaikan pekerjaan yang sedang ditanganinya. “Manfaat dari SDM produktif adalah me­ningkatkan produktifitas kerja dan sangat berguna untuk kemajuan suatu pe­rangkat daerah, oleh karena itu tingkatkan SDM kita semua,” ujarnya.

Disisi lain, Kepala Ba­dan Kepegawaian dan Pe­ngembangan Sumber Da­ya Manusia Padangpariaman, Armeyn Rangkuti menyebutkan pada saat ini terdapat 114 (seratus empat belas) CPNS yang diangkat pada bulan januari 2021 dan sampai saat ini mereka sedang melalui masa percobaan selama satu tahun dan tersebar di semua perangkat daerah yang ada di lingkup Peme­rintah Kabupaten Padangpariaman.

“Pelaksanaan pelatihan dasar sendiri merupakan aktualisasi dari ama­nat Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara Pasal 63-65 dimana dijelaskan bahwa Setiap CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 (satu) tahun dan wajib dievaluasi melalui pelatihan dasar dan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN dijelaskan bahwa CPNS wajib menjalani masa percobaan melalui pelatihan terintegrasi yang bertujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memper­kuat profesionalisme serta kompetensi bidang,” ungkap Armeyn (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional