Close

PNP MoU dengan Telkom University, Buka Peluang Riset dan Kerja Sama Teknologi

TEKEN MOU— Direktur PNP Dr. Surfa Yondri (tiga dari kiri) dan Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya (tiga dari kanan), memperlihatkan dukumen kerja sama PNP dan Telkom University kepada undangan yang hadir menyaksikan MoU antara PNP dengan Telkom University, Kamis (11/11).

PADANG, METRO–Politeknik Negeri Pa­dang (PNP) berupaya me­ningkatkan kerjasamanya dengan berbegai pergu­ruan tinggi di Indonesia,  Kali ini, kerja sama dila­kukan dengan Telkom Uni­ver­sity untuk mening­kat­kan kontribusi yang lebih besar bagi bangsa ini.

Kerja sama ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama di Gedung C Kampus PNP, Kamis (11/11). Penan­da­tangan MoU itu dilakukan oleh Direktur PNP Dr. Surfa Yondri. Sedangkan dari Telkom University , juga diwakili oleh Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya.

Menurut Rektor Telkom University Prof Adiwijaya, kerja sama dilakukan karena PNP ini sangat potensial memberikan kontribusi untuk bangsa ini, karena SDM yang dihasilkan Politeknik lebih siap untuk mengarungi dunia kerja.

“Menurut kami, ini adalah salah satu potensi yang bisa dikembangkan antara Telkom University dengan PNP,” kata Adiwijaya usai acara penadatangan MoU antara PNP dengan Telkom University.

Ia juga mengatakan, ada beberapa poin yang bisa dikerjasamakan antara Telkom University dan PNP. Seperti riset dan inovasi dalam bentuk join publikasi ataupun penyelenggaraan conference yang dilaksanakan bersama.

Penyelenggaraan conference ini rencananya akan diadakan pada 2022 dan akan diikuti oleh perguruan tinggi lain di Indonesia, serta sejumlah universitas dari berbagai ne­gara juga akan ikut conference.

“Benefit conference ini nantinya akan terbentuk network. Networking ini tentunya akan bisa mempercepat segala yang kita upayakan, baik oleh PNP maupun bagi kami di Tel­kom University,” ujarnya.

Poin lainnya dari kerja sama ini, kata Adiwijaya adalah beasiswa program S3 Informatika. Bagi dosen PNP yang ingin melanjutkan program S3 di Telkom University bisa mendapatkan beasiswa tersebut, asalkan sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan.

Kemudian dari sisi pe­ngab­dian masyarakat, Tel­kom University mempunyai program Engineering Service Comunity. Pada program ini, beberapa politeknik juga ikut berga­bung. Dan tentunya, Tel­kom University juga akan mengajak PNP untuk ikut bergabung pada program tersebut.

“Engineering Service Comunity ini adalah kerja sama kami dengan Korea, yaitu Hanbat University dan Busan University yang Insya Allah pemanfaatannya bisa dirasakan oleh masyarakat langsung,” bebernya.

Sementara itu, Direktur PNP Surfa Yondri mengaku senang bisa melakukan kerjasama dnegan Telkom University. Sebab, kerja sama ini membuka peluang besar bagi PNP, seperti riset dan juga pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kami bersyukur sekali PNP bisa bekerjasama dengan Telkom University. Ini berkah bagi PNP, karena banyak peluang yang bisa dikerjasamakan dengan Telkom University,” kata Surfa Yondri.

Ia menambahkan, kerja sama ini, tidak hanya riset dan beasiswa program S3. Kerja sama juga berpotensi untuk pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen atau sertifikasi bersama. “Jadi sangat ba­nyak. Ini awal yang bagus untuk PNP, mudah-mudahan bermanfaat buat kita bersama,” tandasnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top