Menu

PN Payakumbuh Berbagi Sembako dengan Panti Asuhan

  Dibaca : 101 kali
PN Payakumbuh Berbagi Sembako dengan Panti Asuhan
SERAHKAN BANTUAN—PN Payakumbuh menyerahkan bantuan kepada panti asuhan

SUKARNOHATTA, METRO–Menyambut Hari U­lang Tahun (HUT) Mah­kamah Agung Ke 76 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2021, Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh melaksanakan Bakti Sosial di Panti asuhan Bustanul Ulum di Situjuah Banda Dalam, Situjuah Limo Na­gari, Kabupaten Lima Pul­uh Kota, Kamis (19/8).

“Pada tahun lalu, Pe­ngadilan Negeri Kota Pa­yakumbuh melaksanakan bagi-bagi masker di de­pan kantor pengadilan, namun tahun ini kami ingin melakukan hal yang lebih berbeda, yakni menyan­tuni anak-anak di panti asuhan,” kata Ketua Pe­ngadilan Negeri Kota Pa­ya­kumbuh Kurniawan Wi­djonarko didampingi Wakil Ketua Ahmad Zulpikar dan jajarannya.

Dalam rangkaian aca­ra menyambut HUT MA ke 76 dengan tema “me­mantapkan kemandirian lembaga peradilan melalui pelayanan hukum ber­basis teknologi informasi di masa pandemi” itu, juga dilaksanakan upacara virtual bersama Ketua Mah­kamah Agung dan diikuti Pengadilan Negeri se Indonesia. Ada juga pemu­taran film dan penyerahan penghargaan kepada lem­baga peradilan yang ber­prestasi.

Di kantor pengadilan juga sudah dilaksanakan syukuran pemotongan nasi tumpeng dan dise­rahkan oleh ketua penga­dilan kepada pegawai yang paling tua dan pegawai yang paling muda sebagai simbol bahwa tongkat estafet keberlangsungan pengadilan negeri m­e­laksanakan kewajibannya melayani masyarakat te­rus berlangsung, teru­tama masyarakat kota payakumbuh.  “Penga­dilan sebagai perpan­ja­ngan tangan Mahkamah Agung di tingkat kota dan kabupaten. Kami juga i­ngin mewujudkan Penga­dilan Negeri Kota Paya­kumbuh menuju Wilayah Bebas Korupsi,” ungkap­nya.

Menurut Kurniawan, kegiatan berbagi bersama anak panti asuhan ini me­rupakan salahsatu kegia­tan alternatif karena status Covid-19 yang saat ini meningkat, sebisa mung­kin melaksanakan acara yang tidak banyak ke­rumunannya dan yang pasti sedekahnya tepat guna.

“Kita juga bawa kue tart untuk anak-anak, se­moga kebahagiaan yang kita bagi dengan anak-anak panti asuhan ini bisa mereka nikmati. Bisa saja anak-anak ini ada yang memiliki cita-cita menjadi hakim suatu saat nanti di masa depan,” ungkapnya.

Tak lupa, Ketua Pe­ngadilan bersama Wakil­nya juga me­ngam­panye­kan protokol kesehatan kepada anak-anak panti asuhan sekaligus mem­bagikan masker kepada mereka. “Kami berharap silaturahmi pertama ini menjaid dan berharap sila­turahmi terus berlanjut kedepan. Taman ilmu ini bisa menjadikan anak-anak panti asuhan menjadi orang sholeh dan ge­ne­rasi penerus estafet ke­pemimpinan bangsa,” Ha­rau ya.

Sementara itu, Pim­pinan Panti Asuhan Bus­tanul Ulum Jefri CI me­nyampaikan di panti asu­hannya ada sebanyak 21 anak dalam data. Saat ini beberapa kegiatan anak-anak masih berlangsung daring, termasuk proses belajar mengajar mereka di sekolah TK, SD, MTSN, dan SMA. “Panti asuhan ini dimulai pada tahun 1995 dari swadaya masya­rakat, infak dan sedekah Hamba Allah. Anak-anak ini berasal dari berbagai daerah di Sumbar, seperti Pasaman, Pasaman Barat, Pangkalan, Galugua, Mung­ka, Lintau, Tanah Datar, dan Solok. Kami menyampaikan teri­ma­kasih banyak atas bantuan dari Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh, semo­ga ini menjadi berkah, dan semoga berkenan kesini lagi di waktu yang akan datang,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, saat dihubungi media, Wali Kota Riza Falepi me­nyampaikan ucapan sela­mat hari ulang tahun (HU­T) Mahkamah Agung (MA) yang berusia sama de­ngan kemerdekaan R­e­publik Indonesia.

Riza berharap HUT MA ke-76 tahun yang dipe­ringati hari ini menjadi momentum dalam mem­per­kuat sinergitas antara pemerintah kota dan ba­dan peradilan, khususnya dalam penanganan Co­vid-19.  “Namun dengan berbagai program atau kebijakan yang dilakukan PN Kota Payakumbuh da­lam menerapkan pela­yanan berbasis IT, me­rupakan dukungan kuat dalam percepatan me­mutus mata rantai penye­baran Covid-19,” kata Ri­za. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional