Menu

PN Batusangkar Luncurkan SIPEPEN

  Dibaca : 63 kali
PN Batusangkar Luncurkan SIPEPEN
LAUNCHING—Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Agus Windana SH disaksikan Kajari Tanahdatar Hardijono Sidayat.SH.MH serta Kasat Reskrim Iptu Syafri melaunching program SIPEPEN.

TANAHDATAR, METRO–Pengadilan Negeri Batusangkar launching dan Sosialisasi Aplikasi SIPE­PEN (Sistem Informasi Per­mohonan Izin/Persetujuan, Penggeledahan dan Perpanjangan Penahanan), Rabu (8/9) di ruang sidang Kartika Pengadilan Negeri Batusangkar. Aplikasi ini untuk pengguna Instansi Kepolisian dan Kejaksaan pada pengadilan Negeri Batusangkar.

Hadir dalam Launching tersebut Kapolres Tanahdatar AKBP Rokhmad Hari Purnomo.SIK yang diwa­kili Kasat Reskrim Iptu Syafri, Kajari Tanahdatar Hardijono Sidayat.SH.MH. Selain itu juga tampak hadir Kasat Narkoba AKP Yaddi Purnama, Kapolsek sejajaran Polres Tanahdatar dan Kasi Pidum Riki.

Ketua Pengadilan Ne­geri Batusangkar Agus Windana SH sebutkan, apli­kasi dapat memberikan manfaat terutama dalam efisiensi waktu waktu, biaya dan kemudahan terkait dengan permintaan izin/persetujuan sita, geledah dan perpanjangan pena­hanan.  “Melalui aplikasi ini pihak penguna layanan di kepolisian dan kejaksaan dapat mengajukan permohonan penyitaan, penge­ledahan dan perpanjangan penahanan dari tempat kerjanya  hanya dengan meng-upload dokumen,” ujarnya.

Kemudian jelasnya,m admin bagian kepanite­raan pidana Pengadilan Negeri Batusangkar akan melakukan verifikasi  kelengkapan dokumen yang diajukan dan akan mengi­rimkan notifikasi kepada pemohon terkait kelengkapan dokumen.

Bila syarat sudah leng­kap maka permohonan a­kan langsung diproses pada saat itu juga kemudian admin akan memberitahukan melalui notifikasi diaplikasi bahwa penetapan sudah selesai.

Selanjutnya tambah Ke­tua Pengadilan, pihak pemohon dapat datang mengambil surat penetapan dengan menyerahkan persyaratan yang asli di kepaniteraan pidana.

Dikatakan, SIPEPEN sebagai salah satu inovasi di pengadilan Negeri Batusangkar dalam rangka  me­ningkatkan kualitas pela­yanan Publik dan pelayanan prima. “Adanya SIPE­PEN semakin meningkatkan sinergitas antara apa­rat penegak hukum, de­mikian juga  kedepan akan tercipta inovasi yang memudahkan masyarakat Ta­nahdatar,” sebutnya. Pe­nga­dilan Negeri Batusang­kar akan terus berinovasi untuk menciptakan kemu­dahan  pelayanan yang efektif serta efisien, pung­kasnya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional