Menu

PLN UPK Ombilin Bantu Keltan Bismillah Sijantang, Pengembangan Usaha Tanaman Holtikultura

  Dibaca : 129 kali
PLN UPK Ombilin Bantu Keltan Bismillah Sijantang, Pengembangan Usaha Tanaman Holtikultura
BANTUAN—House hidroponik denganpenggunaan lampu UV pada malam hari yang merupakan bantua dari PT. PLN Persero Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Ombilin untuk pengembangan usaha tanaman holtikultura.

SAWAHLUNTO, METRO–PT. PLN Persero Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Ombilin menye­rahkan bantuan program pengembangan usaha ta­na­man Holtikultura meng­gunakan media hidroponik untuk kelompok Hidro­ponik Bismillah di Desa Salak Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Bantuan usaha pengembangan ta­naman holtikultura yang menggunakan media hidroponik ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Ling­kungan (TJSL) tahun 2021 PLN UPK Ombilin.

Sistem penanaman hid­­roponik di kelompok ini merupakan kegiatan pe­nanaman yang menjadikan air sebagai media utama untuk menggantikan tanah ditambah dengan bantuan lampu khusus yang biasa disebut Grow LED yang memancarkan spektrum cahaya ultraviolet. Pemanfaatan lampu UV merupakan inovasi terbaru saat ini, dimana dengan adanya lampu UV ini dapat menggantikan fungsi cahaya matahari disaat malam hari. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan tanaman hidroponik men­dapat pasokan sinar secara 24 jam, terbukti de­ngan adanya memanfaatkan lampu UV ini dapat meningkatkan produktivitas tanaman hidroponik yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Bismillah Desa Salak.

 Dari beberapa tempat yang menerapkan tekno­logi yang sama menggunakan lampu UV ini, dapat dirasakan langsung dampaknya petani. Di ma­na untuk berat perbatang tumbuhan biasanya ha­nya sekitar 150 Gram/batang tanaman. Setelah menggunakan lampu UV rata-rata berat tanaman menjadi 200-259 Gram/batang. Begitu juga dengan jangka waktu panen bisa mencapai 30-35 hari setelah menggunakan lampu UV, sebelum menggunakan lampu UV waktu panen lebih lama yaitu 45 hari. Jadi dengan keunggulan ini sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan bagi Kelompok Tani.

Ketua Kelompok Bismillah Satimar mengung­kapkan, rasa syukur dan terima kasih terhadap PT PLN UPK Ombilin yang peduli dan memperhatikan kebutuhan masya­rakat sekitar khususnya teknologi dalam bidang pertanian. Dengan program TJSL ini telah membantu warga dalam me­ningkatkan ekonomi dan meningkatkan pendapatan warga untuk keluar­ganya.

“ Selama ini dalam bercocok tanam menggunakan media tanah, sehingga hasil panen pun tidak seberapa. Namun setelah adanya bantuan dari PLN UPK Ombilin kami mempunyai ilmu pengetahuan dalam bertanam menggunakan media hidroponik dan lampu UV. Banyak hal yang kami peroleh dari program ini, khususnya meningkatkan produktifitas tanaman hidroponik,” kata Satimar.

Satimar menambahkan, mereka berharap semoga PLN UPK Ombilin dapat selalu beroperasi di Sawahlunto ini sehingga dapat terus memberikan perhatian pada masyara­kat sekitarnya.

Manajer PT PLN UPK Ombilin Shodiqin mengatakan, agar Keltan Bismil­lah Sijantang dapat menjalankan program TJSL yang diberikan secara optimal dan penuh tanggung jawab, begitupun dengan Kelompok Tani lainnya. Sehingga setiap program yang disalurkan dapat dipertanggung jawabkan realisasinya, serta dapat langsung dirasakan manfaatnya bagi masyarakat  maupun PLN.

“PLN selalu berkomitmen untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan  kesejahte­raan masyarakat itu sendiri. Sejalan dengan motto PLN yaitu listrik untuk kehidupan yang lebih baik. Dengan memanfaatkan listrik sebagai media pendukung dalam meningkatkan produktifitas yang berdampak baik bagi ma­syarakat dan lingkungannya,” kata Shodiqin. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional