Close

PLN Raih Penghargaan Peringkat I Perusahaan PMDN Penyumbang Realisasi Investasi di Riau

penghargaan— PT PLN (Persero) meraih penghargaan Peringkat I Perusahaan Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) Penyumbang Realisasi Investasi di Provinsi Riau periode Januari - September tahun 2022.

Pekanbaru, METRO–PT PLN (Persero) me­raih penghargaan Pering­kat I Perusahaan Penanam Mo­dal Dalam Negeri (PMDN) Penyumbang Rea­li­sasi In­vestasi di Pro­vinsi Riau pe­riode Januari – September tahun 2022. Peng­hargaan tersebut dise­rah­kan secara langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar kepada PT PLN (Persero) yang dite­rima oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah, I Njoman Surjana D pada acara Riau Investment Forum (RIF) 2022 di Ballroom Dang Mer­du Gedung Bank Riau Kepri Syariah Pe­kanbaru.

RIF merupakan ajang promosi investasi di Pr­o­vinsi Riau yang melibatkan pelaku bisnis, pemerintah daerah, asosiasi, serta bis­nis terkait guna membuka jalur komunikasi yang efek­tif bagi para penggiat bis­nis. Kegiatan yang dilak­sana­kan pada 23 November ini bertema Mewujud­kan investasi Riau yang inklusif dan berkelanjutan melalui kemitraan dan pem­­berdayaan UMKM.

Dalam sambutannya Syamsuar mengatakan, realisasi investasi Riau dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat dan tertinggi di pulau Su­matera bahkan menga­lah­kan Jawa Tengah. Adapun realisasi investasi Riau pada 2018 masih berada pada urutan ke-9 nasional. Pada 2019, realisasi inves­tasi Riau naik jadi urutan ke-6, pada 2020 tetap di urutan ke-6, pada 2021 naik ke peringkat ke-5 nasional, dan pada 2022 kemung­kinan akan naik ke pering­kat 4 nasional.

Adapun target realisasi investasi 2022 yang diberi­kan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI kepada Pemerintah Pro­vinsi Riau sebesar Rp60,46 triliun atau 5,04 % porsi terhadap nasional. Dari angka yang ditetapkan ini, Riau telah jauh melebihi target, yaitu Rp71,89 triliun atau 118 % melebihi target. Pada triwulan III ini pen­capaian realisasi in­vestasi untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) se­be­sar 14,8 Triliun sedang­kan untuk Penanaman Mo­dal Asing (PMA) sebesar 13,2 Triliun.

I Njoman Surjana me­nyam­paikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Riau kepada PLN.

Penghargaan ini akan dijadikan cambuk bagi PLN untuk terus memberikan yang terbaik dalam men­dukung program peme­rintah demi kepentingan ma­syarakat.

Tugas utama PLN untuk melaksanakan pem­bangu­nan infrastruktur ketenaga listrikan dan meningkatkan iklim investasi. Provinsi Riau memiliki potensi sum­ber energi primer yang terdiri dari minyak bumi diperkirakan sekitar 2.875,2 MMSTB, gas bumi sekitar 1,093 BCF, batu bara men­capai 1.800,1 juta ton, dan panas bumi spekulatif seki­tar 41 MWe yang merupa­kan modal untuk pengem­bangan investasi terutama untuk sektor ketenag­alistri­kan. Beberapa proyek in­ves­tasi PLN yang sedang dilaksanakan di Provinsi Riau saat ini adalah pem­bangunan Jaringan Trans­misi, pembangunan Gardu Induk, pembangkit, listrik desa, pembangunan Ja­ringan Tegangan Me­ne­ngah dan pemeliharaan ling­kungan.

Pada kegiatan RIF ter­se­but selain PLN, ada Per­tamina Gas Negara dan Hutama Karya pada posisi ke 2 dan ke 3 sebagai pene­rima penghargaan peru­sahaan penyumbang reali­sasi investasi kategori PMDN.­(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top