Menu

PKS Ajukan Lima Calon Wako

  Dibaca : 430 kali
PKS Ajukan Lima Calon Wako
Riza Falepi-Hamdi Agus, ST

SUKARNOHATTA, METRO
DPD PKS Kota Payakumbuh sudah mengirimkan Lima nama calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh hasil pemilihan internal kepada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sumatera Barat. Diperkirakan bulan Februari 2020 mendatang hasil seleksi dari DPW PKS Sumbar sudah final.

Lima nama yang telah dikirim kepada DPW PKS Sumbar sesuai hasil pemilihan internal DPD PKS Kota Payakumbuh untuk calon Wali Kota, Irsyad Syafar, Hamdi Agus, Tri Venindra, dan Chairul Anwar. Sementara, ada Satu nama untuk calon Wakil Wali Kota, Mustafa.

Selain calon Wali Kota dari internal atau kader, PKS juga melirik bakal calon dari eksternal atau luar kader seperti tokoh masyarakat. “Bisik-bisiknya diantaranya Almaisyar, Joni Hendri, dan Erwin Yunaz, mungkin juga beberapa calon lain yang namanya sudah mengapung, tergantung komunikasi politik selanjutnya,” sebut Riza Falepi blak-blakan.

Di sampaikan Riza Falepi yang juga pengurus DPP PKS bahwa tokoh seperti Irsyad Syafar merupakan wakil ketua DPRD Provinsi Sumbar, Hamdi Agus sebagai Ketua DPRD Kota Payakumbuh, dan Tri Venindra adalah mantan anggota DPRD Kota Payakumbuh.”Ketiga-tiganya memang sudah tidak asing lagi bagi orang Payakumbuh,” ungkapnya.

Riza juga mengakui memang Chairul Anwar adalah pendatang baru, saat ini disodorkan oleh PKS untuk dinilai masyarakat kelayakannya. Banyak yang bertanya kepada Riza mengapa mengusulkan Chairul Anwar, Riza menjawab karena kapasitasnya, dengan sudah di DPR RI 4 periode. Itu cukup untuk memimpin kota yang membutuhkan kapasitas dalam melanjutkan pembangunan setelah masa kepemimpinan Riza berakhir.

“Beliau sebenarnya belum tentu bersedia, cuma beberapa kader PKS mendesak beliau sehingga akhirnya beliau menjawab akan mencoba untuk sosialisasi, nanti keputusan akhirnya PKS juga menentukan, sesuai hasil survey dan penerimaan warga Payakumbuh,” kata Riza

Riza menambahkan, PKS melihat survey elektabilitas dan akseptabilitas di depan masyarakat Payakumbuh, jadi belum ada keputusan final dari PKS. Dari beberapa calon eksternal atau di luar kader, Riza membeberkan beberapa nama, walaupun belum diputuskan PKS, karena saat ini sudah mulai mengerucut ke beberapa nama diusulkan oleh Kader PKS.

“Perlu dicatat, PKS adalah partai yang rasional dalam memilih calon kepala daerah. Artinya disamping faktor kebaikan yang dimiliki calon, tetap faktor elektabilitas dan hasil survey menjadi pertimbangan utama. Silahkan, calon internal maupun ekseternal berkompetisi, yang terbaik mari diputuskan bersama,” tandasnya.

Kenapa Riza menyampaikan hal ini?. Sementara Pilkada belum diputuskan apakah 2022 atau 2024. Riza menjawab pertanyaan beberapa tokoh, siapa yang diusung PKS kepada dirinya. Siapa menurutnya yang memiliki kapasitas melanjutkan pembangunan oleh Riza yang selama ini sudah merubah berbagai hal di Payakumbuh.

“Saya juga sebagai pengurus DPP diamanahkan untuk ikut terlibat menseleksi calon Kepala Daerah se Indonesia, khusus Payakumbuh, mungkin suara saya lebih didengar DPP,” katanya kepada media sembari tersenyum lebar.

Sementara itu, untuk kandidat wakil wali kota dari PKS, Riza menyampaikan saat ini kader internal yang diusung diantaranya Mustafa yang saat ini menjabat anggota DPRD Payakumbuh dan beberapa kader lainnya. “Silahkan dinilai kader berpotensi menjadi calon wali kota dan wakil wali kota, yang penting sekarang ini keputusan PKS belum final,” pungkasnya.

Ketua DPD PKS Kota Payakumbuh, Hamdi Agus, S.T membenarkan memang ada Lima Nama yang sudah diajukan kepada DPW PKS Sumbar. “Memang hasil pemilihan internal yang sudah kita lakukan sejak awal Januari 2021 kemarin, ada Lima nama yang sudah diajukan dan kita sudah sampaikan kepada DPW PKS Sumbar, jadi kita tunggu Februari besok mungkin sudah turun,” sebut Hamdi Agus, yang juga masuk salah satu yang di usulkan untuk maju menjadi wali kota dari internal PKS.

Sebelumnya, DPD PKS Kota Payakumbuh juga sudah memanaskan mesin politik dengan Musyawarah Cabang dan akan melakukan musyawarah ranting untuk 47 ranting di Kota Payakumbuh. “ 7 Februari 2021 nanti kita akan melakukan Musyawarah Ranting untuk 47 ranting. Kita lakukan nanti di satu tempat namun pelantikan dilakukan perdapil,” tuturnya. (us)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional