Menu

PKPU Padang Tebar 65 Hewan Kurban

  Dibaca : 838 kali
PKPU Padang Tebar 65 Hewan Kurban
Andre Rosiade, Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra.
Kurban PKPU Padang - web

Masyarakat penerima kurban gembira mendapatkan daging kurban dari Program SQN PKPU Padang. Tahun ini PKPU Padang telah menebar 65 hewan kurban ke pelosok daerah minus kurban.

AIEPACAH, METRO–Hingga hari tasyrik ketiga Idul Adha 1436 H, Minggu (27/9), Lembaga Kemanusiaan dan Zakat Nasional PKPU Padang telah menyalurkan sebanyak 65  hewan kurban ke sejumlah pelosok daerah Sumbar. Hewan kurban yang dihimpun melalui Program Sebar Qurban Nusantara (SQN) 2015 tersebut terdiri dari 53 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

Hari tasyrik ketiga tersebut PKPU Padang menyembelih dua ekor sapi di daerah Tarusan, Pesisir Selatan dan hal itu sekaligus menjadi menjadi momen penutupan Program Qurban PKPU yang secara nasional juga ditutup pada hari ini.

Kepala Cabang PKPU Padang, Priambodo Ario Pamungkas mengungkapkan, pelaksanaan program tahun ini telah berjalan dengan lancar dan sukses. Isu krisis ekonomi meskipun sedikit mempengaruhi tingkat kurban tahun ini tetapi tetap memunculkan nama-nama para pekurban baru, baik berasal dari Padang maupun luar Sumbar yang mempercayakakan penyaluran ke PKPU Padang.

Secara umum, pesan dapat ditangkap dari para Mudhohiy atau pekurban yaitu ingin kurbannya memiliki makna lebih dengan mengarahkan pendistribusiannya  ke masyarakat pelosok daerah minus hewan kurban.

Hal ini terbukti dari  keseluruhan titik pelaksanaan penyembelihan hewan kurban adalah rumah ibadah dan pelosok daerah minus pekurban. Seperti di Taluak Buo, Teluk Kabung Tengah, Padang yang nyaris tanpa hewan qurban. Surau Napa Sikucua di Kampung Dalam, Padang Pariaman yang hanya memiliki 1 orang pequrban sehingga dilengkapi menjadi 7 orang sehingga dapat 1 ekor sapi.

Kondisi serupa dialami di Dusun Sungai Rambah, Kec Sungai Limau yang hanya ada 2 pequrban dan mereka bahagia mendapatkan tambahan menjadi 1 ekor sapi. Begitu pula di daerah Transmigrasi Lunang Silaut, Mentawai dan Kurao Pagang Nanggalo Padang.

“Sesuai dengan tema kurban kita tahun ini, kurbanisasi yaitu bagaimana terjadinya perpindahan hewan kurban dari yang berkecukupan kepada yang membutuhkan. Alhamdulillah telah kita lakukan,” kata Priambodo.

Atas nama PKPU Padang, Priambodo menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada peserta kurban tahun ini yang telah memilih PKPU sebagai lembaga dipercaya membantu penyalurkan kurban. Pihaknya akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan sebagai bentuk tanggung jawab lembaga.

Humas Media dan Jaringan PKPU Padang, Elfiyon Julinit menambahkan, terdapat 10 kabupaten/kota di Sumbar menjadi sasaran sebar kurban PKPU Padang tahun ini yaitu Padang, Padangpariaman, Solok, Solok Selatan, Dharmasraya, Pessel, Sijunjung, Pasaman Timur, Mentawai dan Agam. Sedangkan di bagian utara didistribusikan oleh PKPU Cabang Bukittinggi meliputi Payakumbuh, Pasaman, Tanahdatar dan 50 Kota yang jumlahnya juga lebih dari 65 hewan kurban.

Sejumlah tokoh masyarakat menyambut baik Program SQN ini seperti Wali Nagari Kudo-Kudo Kecamatan Pancung Soal Pessel, Arwet. Kahadiran kurban ini bukan hanya sebatas masyarakat mendapatkan daging tetapi menyatukan pemuda-pemuda di nagari itu. Para pemuda bergotong royong menyelenggarakan kurban yang baru pertama ada di tempat tersebut. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada PKPU Padang yang telah memenuhi permintaan mereka. (o)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional