Menu

PKM Level 3, Sekolah Baru Boleh Tatap Muka di Kota Padang

  Dibaca : 95 kali
PKM Level 3, Sekolah Baru Boleh Tatap Muka di Kota Padang
PRAKTIK SHALAT DHUHA— Siswa Kelas III SDIT Buah Hati, sedang melaksanakan kegiatan shalat Dhuha. Selama belajar daring saat Kota Padang menerapkan PPKM Level IV, pembiasaan kegiatan yang biasanya dilaksanakan di sekolah dipindahkan ke rumah. Shalat Dhuha ini dilaksanakan siswa setiap hari mulai pukul 09.00-10.00. Setelah itu, siswa baru mengikuti kegiatan belajar tematik.

AZIZ CHAN, METRO–Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang memastikan, seluruh siswa SD dan SMP sederajat di Kota Padang baru bisa melakukan belajar tatap muka di sekolah, jika pemerintah sudah mene­tapkan Kota Padang ber­ada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Ma­sya­rakat (PPKM) Level III. Dan, dengan syarat semua tenaga pengajar dan siswa harus menerapkan pro­tokol kesehatan (Prokes) ketat.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Pa­dang, Syafrizal Syair men­jelaskan, pelaksanaan be­lajar tatap muka direnca­na­kan dibagi dua shift. Juml­ah siswa yang masuk sekitar 50 persen dari total jumlah siswa dalam satu lokal atau kelas.

Selain itu, waktu belajar tatap muka dikurangi dari yang hari biasa. Misalnya, pulang sekolah pukul 13.00 WIB, sekarang pukul 12.00 WIB. Selain itu, jika biasa­nya waktu istirahat se­tengah jam, saat ini hanya 15 menit dan siswa harus bawa bekal dari rumah.

“Mekanismenya 50 per­sen tatap muka dan 50 per­sen siswa tetap daring atau belajar dari rumah,” ujar Syafrizal, Minggu (15/8).

Ia mengatakan, proses belajar di sekolah tentu menerapkan prokes yakni memakai masker, cuci ta­ngan dan jaga jarak. Su­paya klaster baru tidak muncul dan penularan virus dapat diminimalisir.

Pelaksanaan belajar tatap muka ini lanjutnya, akan dikoordinasikan dulu dengan pimpinan dan Wali Kota Padang. Jika diizinkan dan kondisi sebagian ke­ca­matan mendukung, Disdik siap realisasikan dan awasi pelaksanaanya di seluruh sekolah.

“Kita lihatlah per­kem­bangan kasus Covid-19. Sekarang, pemerintah kan masih menetapkan Kota Padang PPKM Level IV,” sebut Syafrizal, man­tan Kepala SMP N 7 Pa­dang ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padang, Sya­frial Kani meminta kepada Disdik menyesuaikan de­ngan kondisi daerah soal PBM Tatap Muka. Jika se­ba­gian zona sudah aman, terapkan dan tentu harus mengutamakan prokes.

Ia melihat saat seka­rang kesadaran masya­rakat mematuhi aturan sangat jauh dari apa yang diharapkan. Masih banyak warga yang tidak mau me­makai masker saat ber­aktivitas di luar rumah.

“Ini perlu kerja keras wali kota merangkul war­ga­nya. Agar kasus corona landai dan aktivitas warga tidak dibatasi lagi. :Kita berharap Pemko tegas dalam hal prokes yang diabaikan warga dengan memberi sanksi,” papar­nya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional