Menu

PKBM WDN Solsel Gelar Implementasi K-13 Pendidikan Kesetaraan

  Dibaca : 121 kali
PKBM WDN Solsel Gelar Implementasi K-13 Pendidikan Kesetaraan
PELATIHAN— Plt Kadisdikpora Solsel Irwandi Osmaini membuka Pelatihan Implementasi dan Adaptasi K-13 bagi para Tutor PKBM se-Solsel di Wisma Sakinah, Muara Labuh.

SOLSEL, METRO–Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Widya Dharma Nagari (WDN) Solsel gelar Kegiatan Imp­lementasi dan Adaptasi Kurikulum 2013 (K-13) Pendidikan Kesetaraan Tahun 2021.

Ditunjuknya PKBM W­DN oleh Direktorat Pendi­dikan Masyarakat dan Pen­didikan Khusus (PM­PK),Direktorat Jenderal (Ditjen)Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar dan Mene­ngah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Kemdikbud-Ristek RI karena PKBM WDN telah memenuhi syarat sebagai pelaksana. Syarat tersebut antara lain lembaga akreditasi minimal B, menggu­nakan aplikasi setara da­ring dalam proses pembelajaran, dan memiliki sarana komputer minimal 15 unit.

“Alhamdulilah, tahun ini PKBM WDN merupakan satu-satunya di Sumbar yang mendapat dana pusat untuk kegiatan ini ” kata Ketua Pelaksana yang se­kaligus Ketua PKBM Widya Dharma Nagari Solsel, Yan Bakter, kemarin.

Kegiatan ini juga di­dukung Pemkab Solsel dan Forum Tutor Kesetaraan Nasional Provinsi Sumbar. Yan Bakter mengatakan, kegiatan ini melibatkan 20 orang Tutor Kesetaraan yang berasal dari 10 PKBM se-Solok Selatan.

“Oleh karena itu, kepada 20 orang peserta yang ter­­diri dari para tutor keseta­raan PKBM se-Solsel ini hendaknya betul-betul serius mengikuti kegiatan pelatihan ini yang dilakukan selama dua hari dengan 2 metode yaitu tatap muka dan zoom metting di Wisma Sakinah Muara Labuh ini,” tambah Yan Bakter.

Apalagi selama ini, sebagian PKBM sebagai Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) dalam menyusun kurikulum kesetaraan ma­sih berorientasi pada muatan umum atau mata pelajaran akademik. Artinya mata pelajaran muatan khusus sebagai salah satu ciri khas Pendidikan Kesetaraan, masih belum di­kembangkan.

“Makanya, melalui pe­latihan yang menghadirkan narasumber dari BP PAUD Dikmas, Daerah Khu­sus Yogyakarta, Drs Fauzi Eko Pranyono MPd dan dari Forum Tutor Ke­setaraan Sumbar H Elvis Betrizon SSos dan Syamsul Hamdi SPd, akan lahir muatan-muatan khusus Kurikulum 2013 sampai melahirkan modul muatan khusus Pendidikan Kesetaraan,” harap Yan Bakter didam­pingi pengelola PKBM Wi­dya Dharma Nagari Yeni Rohaeni. (*/afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional