Close

PJID Nusantara Pasaman Dikukuhkan, Jurnalis Diharapkan Sajikan Informasi Edukasi

DIKUKUHKAN— Bupati Pasaman Benny Utama yang diwakili Sekdis Kominfo Pasaman Budi Hermawan saat mengukuhkan kepengurusan PJID Nusantara Kabupaten Pasaman.

Sebagai daerah yang berbatasan langsung de­ngan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Provinsi Riau masyarakat Kabupaten Pasaman memiliki komposisi penduduk yang heterogen. Mayoritas bersuku Minang dan Mandailing, serta ada Batak, Jawa dan suku bangsa lainnya. Dengan kondisi demikian, rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat harus terpelihara dengan baik dan fungsi Pers menjadi sa­ngat penting dalam hal ini.

Hal itu disampaikan Bupati Pasaman dalam amanatnya yang dibacakan Budhi Hermawan, Sek­dis Kominfo Pasaman dalam acara pengukuhan dan pelantikan pengurus daerah Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) Nusantara Kabupaten Pasaman di Aula Perusda Equator, Lubuksikaping, Jumat (3/12).  “Alhamdulillah, ma­syara­kat kita di Kabupaten Pa­sa­man hidup rukun, saling menghargai dan saling menghormati, dalam su­sa­na pergaulan yang da­mai,” kata bupati.

Kepada wartawan selaku mitra kerja pemerintah, diharapkan senantiasa nenyajikan berita-berita yang konstruktif, mengedukasi dengan informasi yang merekat rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat. Selanjutnya dikatakan, perkembangan industri pers di era Keterbukaan Informasi seka­rang, secara langsung telah berdampak pada ma­raknya pertumbuhan perusahaan media di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, ikut berdampak kepada pertumbuhan organisasi kewartawanan.

Namun diingatkan bupati, apapun orgnisasinya, wartawan di Pasaman ha­rus tetap kompak dan ti­dak gampang terpecah belah oleh berbagai kepentingan. “Alangkah baik­nya, sesama pengurus organisasi kewartawanan bisa saling berbagi informasi, saling bersinetgi, terutama untuk kemajuan organisasi, peningkatan Sumber Daya manusia dan kesejahteran wartawan itu sendiri,” ujar bupati.

Kepada Ketua dan pe­ngurus DPD PJID Kabupaten Pasaman yang baru dilantik, diminta saling bersinergi dengan pemerintah daerah. Terutama da­lam menyampaikan informasi kegiatan pemerintah kepada publik dan sebaliknya, pers tetap menyua­rakan kepentingan masya­rakat melalui pemberitaan yang bersifat konstruktif dan berimbang.

Terakhir bupati me­ngajak pengurus DPD PJID dan organisasi kewartawanan lainnya, untuk bersama-sama membawa misi dan tujuan yang mulia, demi terwujudnya kehidupan pers yang merdeka, profesio­nal, bermartabat dan beradab.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PJID-N Ismail Sarlata menyebutkan, pelantikan menekankan pentingnya peningkatan SDM wartawan. “Wartawan yang tergabung dalam PJID di seluruh Indonesia, harus kompeten, dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Dewan Pers,” jelas Isamail.

Hadir dalam acara pe­lantikan, Bupati Pasaman diwakili Budhi Hermawan, Dandim, Kapolres dan Ketua Pengadilan Agama Pasaman, serta Kepala OPD, dan ketua organisasi wartawan yang ada di Kabupaten Pasaman. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top