Close

Pj Sekda Kota Padang Optimis Capaian Vaksinasi Meningkat

TINJAU VAKSINASI PELAJAR— Pj Sekda Kota Padang Arfian, meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar di SMP 8 Padang, Selasa (5/10). Saat ini angka capaian vaksinasi di Kota Padang masih 40 persen.

SUTOMO, METRO–Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Arfian, optimis angka capaian vaksinasi di daerahnya lebih baik dari sebelumnya. Hal ini disampaikannya saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi siswa sekolah di SMPN 8 Padang, Selasa (5/10) lalu.

“Tentunya kita optimis angka vaksinasi tercapai,” sebutnya.

Saat ini angka capaian vaksinasi di Padang sebesar 40% lebih. Sedangkan Pemerintah Pusat telah menetapkan batas minimal capaian vaksinasi sebesar 45%. Agar tercapai, Pemerintah Kota Padang terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi.

“Saat ini kegiatan vaksinasi dilakukan di berbagai tempat, termasuk di sentra-sentra vaksin yang sedang melakukan vaksin pada hari ini,” tutur Arfian.

Sebenarnya saat ini, Kota Padang berada di level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, Pemerintah Pusat menurunkan level Kota Padang kembali ke level 4.

“Ini sesuai indikator yang ditetapkan Pemerintah Pusat, karena angka vaksinasi kita belum mencapai target rata-rata yang ditetapkan Pemerintah Pusat,” terangnya.

Arfian menuturkan, angka pencapaian vaksinasi dapat tercapai jika setiap warga yang belum divaksin mendatangi sentra vaksin yang ada. Pj Sekda mengatakan pihaknya telah mengimbau kepada seluruh camat dan lurah untuk mengajak warganya agar segera melakukan vaksin.

“Jika seratus orang perhari melakukan vaksin di kelurahan atau pun di kecamatan, target vaksinasi dapat tercapai,” tuturnya.

Kejar Capaian Vaksinasi

Di sisi lain, Pemko Padang bertekad capaian vaksinasi terus melonjak. Ditargetkan, sepekan ke depan terjadi lonjakan vaksinasi. “Kita akan kejar capaian vaksinasi hingga 50% dalam satu minggu ke depan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr Feri Mulyani, Minggu (3/10) lalu.

Dijelaskan Kadiskes, capaian vaksinasi di Padang terbilang relatif rendah. Hingga kini, sekitar 39,5% warga yang sudah divaksin. “Capaian itu memang belum memuaskan,” sebut Feri Mulyani.

Pemerintah Kota Padang memancang target tidak muluk-muluk. Kadiskes menuturkan, dirinya menargetkan persentase warga yang sudah divaksin sebesar 60% hingga akhir Oktober nanti. “Semoga tercapai 60% hingga akhir bulan ini (Oktober),” harapnya.

Agar target itu tercapai, Dinas Kesehatan Kota Padang gencar melakukan vaksinasi. Sentra vaksin dibuka. Bahkan sepekan ke depan vaksinasi massal dilakukan di sejumlah tempat. Seperti di Basko Grand Mall, Transmart, serta beberapa tempat lain.

“Kita akan terus melakukan vaksinasi massal untuk melindungi masyarakat. Semoga di akhir tahun ini terbentuk kekebalan kelompok di Kota Padang,” harap Feri Mulyani.

Ia mengimbau kepada seluruh warga untuk berpartisipasi aktif di kegiatan vaksinasi massal. Masyarakat juga diajak untuk mempertahankan kasus Covid-19 yang terus melandai.

“Salah satu cara mempertahankannya dengan vaksinasi,” tutupnya. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top