Menu

Pinggiran Kota Rentan Terjadi Alih Fungsi Lahan

  Dibaca : 251 kali
Pinggiran Kota Rentan Terjadi Alih Fungsi Lahan
TEKNOLOGI PERTANIAN—Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ketika mencoba penggunaan peralatan teknologi menunjang kemajuan sektor pertanian di Kota Solok.

SOLOK, METRO
Lahan pertanian seperti persawahan yang ada di kawasan pinggiran jalan lintas Kota Solok sangat rentan terhadap peralihan fungsi lahan. Selain strategis, nilai atau potensi ekonominya juga tinggi. Sehingga, tak menutup kemungkinan menjadi incaran bagi pemilik modal untuk sektor perekonomian.

Kondisi ini terlihat, tidak sedikit areal yang mulanya merupakan lahan sawah produktif sudah berubah menjadi ruko atau perumahan. Peran pemerintah daerah melalui produk hukum daerah sangat penting dalam mempertegas aturan soal alih fungsi lahan. “Peraturan Daerah yang sudah ada di Kota dan kabupaten Solok agar dipertegas lagi pelaksanaannya, supaya areal Sawah Solok tidak terus berkurang dan berganti menjadi lahan bangunan,” ujar Wakil Gubenur Sumbar Nasrul Abit ketika panen raya di Kota Solok.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengingatkan pemerintah kota dan kabupaten Solok terhadap ancaman alih fungsi lahan pertanian menjadi areal bangunan. Produksi Bareh Solok harus tetap diprioritaskan.

Bukan tanpa alasan, Nasrul Abit menjelaskan, melihat perkembangan kota dan kabupaten Solok yang semakin melonjak jumlah penduduknya, secara tidak langsung, kebutuhan akan areal perumahan dan pertokoan juga semakin meningkat. “Rasa khawatir akan selalu muncul, jikalau pesatnya pembangunan akan terus menggerus areal persawahan,” ungkapnya.

Dikatakan, Bareh Solok merupakan anugerah yang harus terus dilestarikan. Kesuburan alam wilayah kota dan kabupaten Solok merupakan aset berharga dan sudah menjadi ikon yang tidak terpisahkan. “Ini sudah menjadi ikon dari kota dan kabupaten Solok, jangan sampai hilang. Kalau jumlah sawah produktif terus menurun, tentunya produksi juga akan menipis, ini yang perlu diwaspadai,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Solok H. Zul Elfian melalui staf ahli, Ir. Alkaf menyebutkan, Hamparan persawahan merupakan ciri khas pemandangan alam Kota Solok yang dikenal dengan Sawah Solok. Dalam perkembangannya, sudah dikembangkan sebagai kawasan agrowisata. “Kawasan Sawah Solok merupakan potensi yang sangat luar biasa bagi Kota Solok.  Selain sebagai sentra produksi padi, juga dikembangkan sebagai kawasan agrowisata dan peminatnya cukup banyak,” terang Alkaf. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional