Menu

Pimpin Rapat Persiapan MTQ, Gubernur Sumbar: Terapkan Disiplin Protokol Covid-19, Peserta dan Panitia harus Swab Negatif

  Dibaca : 176 kali
Pimpin Rapat Persiapan MTQ, Gubernur Sumbar: Terapkan Disiplin Protokol Covid-19, Peserta dan Panitia harus Swab Negatif
Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno memimpin rapat evaluasi persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVIII yang akan digelar di Sumbar, Kamis (29/10) di Kantor Gubernur

PADANG, METRO—Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno memimpin rapat evaluasi persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVIII yang akan digelar di Sumbar, Kamis (29/10) di Kantor Gubernur. Hampir semua OPD di Pemprov Sumbar hadir dan dilibatkan dalam iven nasional yang digelar di tengah pandemi Covid-19 itu.

Sumbar merupakan tuan rumah MTQ Nasional 2020 yang akan berlangsung di sejumlah tempat yang tersebar di Kota Padang dan Kabupaten Padangpariaman. Iven nasional ini dijadwalkan berlangsung pada 12-21 November 2020. Pembukaan akan digelar di Main Stadium Padangpariaman, sementara penutupan di Masjid Raya Sumbar, Kota Padang.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno kepada wartawan menyebutkan, evaluasi persiapan MTQ menang digelar saat libur. Pemprov bersama panitia inti memastikan kedatangan dan kepulangan kafilah yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. “Kami juga memastikan acara pembukaan dan penutupan serta venue (tempat) acara berjalan baik. Tentunya ini adalah hajatan besar nasional yang digelar di Sumbar,” katanya.

Pemprov juga memastikan lokasi tempat pembukaan siap dan aman untuk panitia, kafilah dan juga warga. “Dalam seminggu ke depan kita akan tuntaskan. Rapat evaluasi ini berguna untuk memastikan MTQ Nasional yang digelar di Sumbar ini berjalan baik, sukses dan lancer,” kata Irwan Prayitno.

Irwan menegaskan, protocol Covid-19 akan diterapkan secara disiplin dalam kegiatan MTQ ini. Semua peserta yang datang, baik dari dalam dan luar provinsi harus menunjukkan hasil swan negative PCR. Begitu juga dengan panitia, juga harus swab negatif PCR.

“Semua dilakukan agar semua dapat menjaga kesehatan dan tidak terkena Covid-19, MTQ berjalan lancer. Kalau ada peserta yang positif Covid-19, tentu akan kita bicarakan dengan Dinas Kesehatan. Akan ada pertimbangan, pendekatan cara, kita tunggu arahan dari Dinkes dulu,” kata Irwan.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Dra Gemala Ranthi MSi menyebutkan, persiapan MTQ sudah berjalan dengan baik. “Alhamdulillah, semua komitmen telah kita satukan dan tinggal melaksanakan saja. Semua panitia, terkait dengan koordinasi antarinstansi sudah oke,” katanya kepada wartawan.

Dia menyebut, semua fasilitas yang akan digunakan, akan selesai dalam beberapa hari ke depan. Termasuk pemasangan-pemasangan peralatan di lokasi. “Dari rapat tadi sudah jelas, semua kendala sudah terjawab. Pak Gubernur juga sudah merinci soal tanggung jawab masing-masing tim. Kami bisa sebutkan,  persiapan pembukaan secara keseluruhan sudah 85 persen,” katanya.

Kabiro Bina Mental Pemprov Sumbar Syaifullah menambahkan, semua  persiapan sudah oke dan taka da masalah. “Seluruh panitia sudah lengkap. Panitia sedang mempersiapkan  acara seremonial pembukaan dan penutupan acara,” katanya.

Begitu juga dengan kesiapan konsumsi dan berbagai perlengkapan. “Kemudian venue juga sudah disiapkan dan akan mulai dikerjakan 10 hari sebelum hari H. Pembangunan Stadion Utama Sumbar di Kabupaten Padang Pariaman yang akan menjadi venue pembukaan juga sudah siap 90 persen,” ujarnya.

Ia menyebutkan, penginapan perserta juga telah disiapkan. Perserta akan menginap di hotel-hotel yang dipandu LO nya masing-masing. Namun, juga ada beberapa provinsi yang langsung menyiapkan hotel untuk pesertanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional